*Pilkada Landak || Vinsensius Batal Mendaftar, Parpol Habis Dikemas


UTUSAN RAKYAT, Ngabang  – Pemilukada Kabupaten Landak yang akan digelar Februari 2017 mendatang memiliki kemungkinan hanya diikuti oleh satu pasangan calon. Hal ini disebabkan salah satu psangan cukup kuat lainnya yang digadang-gadang bakal bertarung, Vinsensius dan Syahdan Anggoi menyatakan batal mendaftarkan dirinya ke KPU Landak.

“Saya mau daftar pakai perahu apa? Perahu yang ada saja bocor besar,” ungkap Vinsensius saat dikonfirmasi melalui telepon, Rabu (21/9) kepada Wartawan Landakpost.com. Disebutkan, dirinya tidak jadi mendaftarkan diri ke KPU Landak dengan alasan semua partai politik yang memiliki perwakilan di DPRD Landak “habis dikemas”. 

Drs. Vinsensius, pria asal Kecamatan Sengah Temila ini merupakan seorang birokrat dilingkungan Pemda Landak, sebelum menjabat Kadis Pertanian, figur ini juga pernah menjabat sebagai Kadis Perkebunan dan Kehutanan. Sementara, Syahdan Anggoi, sebelum menjadi Anggota DPRD Landak, figur ini juga pernah menjadi seorang birokrat dilingkungan Pemda Landak. Syahdan Anggoi juga pernah tercatat sebagai Calon Bupati Landak pada Pilkada lima tahun yang lalu. 

Sementara itu saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Ketua KPU Landak, Lomon menyatakan  sesuai tahapan hari pertama Pendaftaran Bakal Paslon Bupati Dan Wakil  Bupati Landak tanggal 21 September 2016. Pendaftaran dimulai pada pukul 08.00 s.d 16.00 Wib.

“Hari kedua tanggal 22 September 2016, pukul 08.00 s.d 16.00 Wib. Kemudian masuk hari ketiga tanggal 23 September 2016, dari pukul 08.00 s.d 24.00 Wib,” kata Lomon.

Lomon mengatakan, hingga pukul 11.45 Wib, belum ada satupun bakal pasangan calon yang menyatakan untuk datang ke Sekretariat KPU Landak melakukan pendaftaran.

“Dari saat kita Rakor pada tanggal 19 September 2016 lalu, ada dua Bakal Pasangan Calon memastikan untuk daftar ke KPU Landak,” katanya.

Kedua Bakal Pasangan Calon itu, kata Lomon, pertama pada tanggal 22   September 2016,  mendaftar pasangan calon Vinsensius dan Syahdan Anggoi. Kemudian Bacalon kedua pasangan Karolin – Heriadi pada tanggal 23 September 2016 dihari terakhir.

“Itulah yang dapat kami sampaikan pada saat Rakor di Provinsi pada tanggal 19 September 2016,”  jelas mantan aktifis Dayakologi Kalimantan Barat ini.

Disinggung pada saat pendaftaran ada yang ganda dalam surat pernyataan dari partai politik? Lomon menyatakan akan memeriksa berkas, selanjutnya akan diverifikasi, saat pendaftaran, bila ada berkas syarat  yang kurang harus diperbaiki, bila ada yang belum lengkap harus diserahkan.

“Syarat pencalonan mutlak diserahkan, surat persetujuan Parpol  dan surat-surat lainnya sesuai dengan syarat pendfataran,” pungkas Lomon.

Jika Vinsensius batal mendaftar, praktis hanya akan ada satu pasangan calon yang diprediksi tetap mendaftarkan diri ke KPU Landak. Bila kondisi ini terjadi, berarti warga Binua Landak akan dihadapkan dengan pilihan setuju atau tidak. Atau dihadapkan pada skenario lain, munculnya Bakal Calon “Boneka” pada detik-detik terakhir masa pendaftaran? 

Sumber : http://www.Landakpost.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s