4.402 Sekolah Gelar UN Berbasis Komputer


UTUSAN RAKYAT, Jakarta – Pelaksanaan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) 2016 bagi siswa SMP dan SMA pada tahun ini mengalami peningkatan jumlah sekolah. Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Nizam, mengatakan, jumlah sekolah yang mengikuti UNBK pada tahun ini tercatat ada 4.402 sekolah.

“Sedangkan pada tahun 2015, tercatat hanya 585 sekolah yang menyelenggarkan UNBK,” ujar Nizam di Jakarta, Senin (28/3).
Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengatakan, peningkatan jumlah sekolah pelaksana UNBK, harus didukung oleh kesungguhan sekolah, guru dan siswa.

“Sebab, UNBK bukan hanya sekedar mengurangi kertas, hal tersebut bertujuan agar siswa terbiasa mengunakan teknologi,” lanjutnya.

Adanya UNBK, kata dia, selain untuk membangun ekosistem, juga bertujuan agar siswa dan sekolah mulai beralih kepada dunia digital.

“Saya katakan, pelaksanaan UNBK ini penekanannya pada penggunaan teknologi. Siswa harus dapat memanfaatkan teknologi di era digitalisasi, sehingga semua materi pembelajaran dapat diaplikasikan,” paparnya.

Untuk tahap persiapan, kata Nizam, UNBK sudah melewati gladi bersih. “Semua berjalan lancar. Penginstalan soal UNBK akan dilakukan pada H-3 sebelum UN dimulai,” jelasnya.

Untuk pelaksanan UN di luar negeri, lanjut dia, ada lima sekolah yang menyelenggarakan UNBK, dan sembilan lainnya mengunakan UNPK.

Sebagai informasi, UN 2016 akan akan berlangsung selama tiga hari. Untuk tingkat SMA akan dilaksanakan pada 3-6 April 2016. Sedangkan UN untuk SMP akan dilaksanakan 7-9 Mei 2016.

Penulis : Maria Fatima Bona/FER
Sumber : Suara Pembaruan

“HUT PEMDA BENGKAYANG Ke-17”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s