Dana Rp.3 M, Pengerjaan Jalan Pangkalan-Capkala Terkesan Asal Jadi


image

Ruas jalan Capkala-Pangkalan

UTUSAN RAKYAT, Capkala – Konsultan Pengawas Pembangunan ruas jalan Pangkalan-Capkala diduga asal sebut (Asbut). Konsultan pengawas adalah pihak yang ditunjuk oleh pemilik proyek (owner) untuk dalam melaksanakan pekerjaan pengawasan, sehingga sebuah pembangunan dapat dibangun dengan baik dalam waktu cepat dan efisien.

Namun halnya lain pada kenyataan nya. Berdasarkan hasil investigasi media online, sorotpost.com dilapangan, peningkatan jalan dan jembatan Pangkalan-Capkala.Bersumber dana dari DAK-DAU yang menghabisi dana Rp.3.006,351,000,- dikerjakan oleh PT. Karya Laut Timur terkesan asal jadi.

Kamis (28/1) Seorang warga Rt 1 Rw.1 Desa Mandor Kecamatan Capkala Kabupaten Bengkayang, Herman kepada Sorot Post mengatakan, pekerjaan yang dilakukan oleh pihak pemborong diduga kualitas pekerjaannya tidak sesuai.

“Kita melihat aspal yang digunakan sangat tipis sehingga sangat memungkinkan kualitas jalan tersebut dapat bertahan untuk beberapa bulan saja,” ujarnya.

Pada sebuah kesempatan, Herman juga sempat menanyakan kepada pihak pekerja, mengapa jalan baru selesai dikerjakan sudah banyak yang rusak.

“Tapi mereka menjawab nanti saya kabar kan kepada pemborongnya hal tersebut bukan wewenang kami sebagai pekerja,” jelasnya.

Menyikapi hal itu, Ketua LAKI Kabupaten Bengkayang, M. Ali Nafiah mengatakan, sangat menyayangkan pekerjaan jalan Pangkalan-Capkala Kecamatan Sungai Raya tersebut, sebab baru saja dibangun sudah banyak batu bertanggalan dan berlobang.

“Jelas ada indikasi pembiaran pembangunan jalan oleh PT.Karya Laut Timur disaat pelaksana pekerjaan oleh kosultan pengawas,” ujar Ali Nafiah saat dihubungi melalui telepon, Selasa (28/1).

Oleh sebab itu, atas nama organisasi LAKI Kabupaten Bengkayang meminta agar Inspektorat Bengkayang dan BPK-RI Kalimantan Barat untuk mengaudit pekerjaan Jalan Pangkalan-Capkala Kecamatan Sungai Raya yang dikerjakan  oleh PT.Karya Laut Timur.

“Supaya Proyek jalan tersebut mengerjakan sesuai harapan kita semua,” pungkas nya.

Penulis: Yulizar

***BENGKAYANG MAJU***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s