Sarana Kampanye Politik, Mana Yang Lebih Efektif?


UTUSAN RAKYAT, Bengkayang – Peran media, baik cetak, elektronik, televisi, internet (terutama facebook) pada Pilkada Bengkayang 2010 masih cukup efektif dalam mempengaruhi publik. Ketika masing-masing kandidat dan timses cukup antusias jika dibuat berita. Paling lucu jika diingat-ingat, hasil tulisan di koran di kliping kemudian diperbanyak (fotocopy) hingga ratusan bahkan ribuan lembar lalu dibagi-bagikan kepada masyarakat.

Saya ingat satu orang senior yang merupakan salah seorang Timses dari 6 pasangan waktu itu. Beberapa kali saya temukan beliau berjalan mengelilingi pasar Bengkayang sambil membagi-bagikan selebaran tentang pemberitaan yang berhubungan dengan Pilkada, baik yang bersifat mempromosikan jagoannya maupun yang bersifat menyerang kandidat lain. Tidak hanya satu jenis koran saja yang dijadikannya sarana.

Dampaknya? Cukup efektif, setidaknya hasil dari selebaran itu menjadi bahan obrolan para penikmat warung kopi bahkan tak jarang berlanjut hingga ke kampung-kampung. Sebagai pekerja media pada saat itu, peluang tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mempromosikan media dan sarana memperkenalkan diri kepada masyarakat luas dengan biaya yang tak terlalu besar. Ke-6 pasangan kandidat didekati dan dibuat berita, setelah itu hasil cetakan koran diberikan kepada mereka.

®Pilkada 2015, peran media cetak sepertinya mulai digeser media televisi (audio visual) dan internet (facebook). Ini karena semakin hari seiring perkembangan zaman sebagian besar masyarakat banyak yang telah menjangkau ke-2 media tersebut. Cara penyampaiannya kepada orang lain juga cukup mudah dan dengan biaya yang relatif murah. Variasi bahan kampanye yang dibagikan kepada pihak lain juga cukup variatif menjadi faktor saat ini banyak Timses yang memanfaatkan ke-2 media tersebut.

®Pertanyaannya, menurut pembaca, antara koran, televisi dan internet, mana salah satu media yang cukup EFEKTIF (bukan Efisien) dalam mempengaruhi para pemilih?

***SELAMAT HUT KEMERDEKAAN RI Ke-70***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s