Alur Distribusi Pupuk Mesti Ditata


image

Pupuk Bersubsidi

UTUSAN RAKYAT, Sungai Raya -Alur distribusi pupuk bersubsidi yang diperuntukkan bagi petani mesti ditata dengan baik. Sebab itu, pemerintah Kabupaten Bengkayang perlu melakukan langkah untuk memperbaiki alur distribusi pupuk bersubsidi yang setiap tahunnya diduga bermasalah.

Bantuan pupuk yang menggunakan dana APBN untuk Kelompok Tani Hidup Baru Desa Sungai Pangkalan II Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang perlu dipertanyakan dalam penyalurannya kepada anggota kelompok tani tersebut.

Hasil investigasi media ini terlihat tumpukan pupuk di pondok kebun milik Ketua Kelompok Tani Hidup Baru Desa Sungai Pangkalan II Kecamatan Sungai Raya tersebut, diduga ada indikasi untuk diselewengkan.

Menyikapi hal itu.Ketua Lembaga Penyelidikan Pemantau Dan Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (LP3-RI)Juanda.B melalui Anggota nya Bustami menyebutkan kuat dugaan pengawasan pupuk tidak dilakukan dengan serius. Penyelewengan pupuk bersubsidi sangat rentan dan kerap terjadi,

“Kalau masih diselewengkan, artinya pengawasan tidak bekerja dengan serius,” kata Bustami, Minggu (18/10).

Akibat itu, setiap tahun petani selalu sulit mendapatkan pupuk bersubsidi di tingkat pengecer, padahal pemerintah telah mengalokasikannya sesuai kebutuhan jumlah kelompok tani.

Menurutnya, kebijakan tata niaga pupuk bersubsidi diatur dalam Permendag RI Nomor 07/M-DAG/PER/2/2009 tentang Perubahan Atas Permendag RI Nomor 21/M-DAG/PER/6/2008 tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian Pasal 3 Angka (7), distributor dan pengecer bertanggung jawab atas penyaluran pupuk bersubsidi sesuai dengan prinsip 6 (Enam) Tepat: tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, tepat waktu, dan tepat mutu dari lini III (produsen/distributor) sampai dengan lini IV (pengecer).

Saat diminta keterangan pada Bong Cun En Ketua Kelompok Tani Hidup Baru mengatakan,”pupuk yang di terima kelompok tani dari Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkayang pada tanggal (12/10/2015) melalu UPT Perkebunan Kecamatan Sungai Raya Kepulauan 3,6 ton,”Jelasnya,Sabtu(18/10).

“Untuk Itu, diminta pada Dinas tekait dapat sungguh sungguh dalam penyaluran pupuk bersubsidi dangan menjalankan tugas dengan mengikuti SOP yang ada agar dalam penyaluran pupuk nya tepat sasaran,” tutup Bustami.

Penulis Yulizar

***SELAMAT HUT KEMERDEKAAN RI Ke-70***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s