INDONESIA, Memiliki Garis Pantai Terpanjang ke-2 di Dunia, Importir Garam


UTUSAN RAKYAT, Jakarta – Indonesia memang hebat, meski sebagai negara kepulauan yang 2/3 wilayahnya lautan dan memiliki panjang pantai nomor 2 terpanjang di dunia, namun faktanya negara ini merupakan importir garam. Dan tak masuk akal lagi, salah satu pemasok garam tersebut adalah Singapura, negara kecil yang tak memiliki kekayaan Sumber Daya Alam tersebut.

Kondisi ini lantas membuat Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti geram dengan garam impor yang membanjiri Indonesia. Menurutnya, Indonesia tak sepantasnya menjadi importir garam.

“Saya ingin menjadikan negara dengan 17 ribu pulau dan 30 ribu petani garamnya ini swasembada garam,” kata Susi di kantornya kemarin (Rabu, 5/8).

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), kebutuhan garam konsumsi di 2014 adalah 1,5 juta ton, dan garam industri sebanyak 2 juta ton, sehingga total kebutuhan garam 3,5 juta ton. Sejak 2012, swasembada untuk garam konsumsi sudah tercapai, sehingga hanya garam untuk kebutuhan industri yang masih perlu impor.

Tercatat jumlah impor garam di 2014 mencapai 2,2 juta ton. Tahun ini KKP menargetkan dapat mengurangi impor garam industri hingga tinggal 1 juta ton dengan meningkatkan produksi garam industri di dalam negeri hingga 1 juta ton.

Namun, di tengah upaya KKP tersebut, Kementerian Perdagangan justru menerbitkan izin impor garam hingga 1,506 juta ton per 30 Juni 2015.

Sumber : Detikfinance

***Wisata Alam Madi, Kecamatan Lumar***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s