Pilkada Serentak || Bengkayang dan Kapuas Hulu Ibarat Pilpres


image

Aktivitas di TPS 2 Sebol, Kec. Lumar pada Pemilu 2014

UTUSAN RAKYAT, Bengkayang – Pilkada serentak di Kabupaten Bengkayang dan Kapuas Hulu bakal diibaratkan dengan Pemilu Presiden 2014 lalu jika hingga masa pendaftaran 26-28 Juli hanya ada dua pasangan Balon yang mendaftar di KPU.

Tak adanya Balon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan yang mendaftar di KPU beberapa waktu lalu menjadi salah satu penyebab pertarung di Pilkada menjadi minim. Kemudian, adanya koalisi besar antar partai membuat figur lain sulit untuk maju.

Pilkada di Kabupaten Bengkayang misalnya, setelah tidak ada calon perseorangan, diperkirakan hanya akan ada dua pasangan Balon yang siap bertarung. Kecuali pada 28 Juli besok, beberapa Parpol yang belum berkoalisi mengusung pasangan lain.

Adapun pasangan telah mendaftar di KPU Bengkayang, yakni Sebastianus Darwis – Rurahkmat yang diusung PDIP dan pasangan Suryadman Gidot – Agustinus Naon yang diusung Koalisi Gerindra, Nasdem, Hanura dan PAN.

Dari peta dukungan tersebut, sudah jelas hanya akan ada satu pasangan figur lain lagi yang dapat mendaftar sebagai Balon Bupati dan Wakil 2015-2020.

Begitu juga yang terjadi di Kabupaten Kapuas Hulu, tak adanya Calon perseorangan dan terbentuknya koalisi besar antar Parpol membuat Pilkada di Uncak Kapuas kemungkinan besar hanya akan diikuti dua pasangan.

Dikatakan Ketua KPU Kapuas Hulu, Lisma Roliza, sejauh ini hanya ada dua pasangan bakal calon bupati-wakil bupati yang dipastikan maju di pemilihan kepala daerah Kapuas Hulu pada 9 Desember mendatang, yakni Pasangan AM Nasir-Anton L Ain Pamero dan pasangan Fransiskus Diaan-Andi Aswat.

Kedua pasangan tersebut maju diusung oleh gabungan partai politik. Untuk pendaftaran, Lisma mengaku semua dilakukan di hari yang sama.

“Hasil koordinasi kita, dua calon sekaligus daftar hari ini,” pungkasnya.

Berbagai Sumber

***Wisata Alam Madi, Kecamatan Lumar***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s