Hey… Pengunjung…!!! Jangan Buang Sampah Sembarangan di Bendungan Madi


image

Aliran Sungai Madi

UTUSAN RAKYAT, Lumar – Bendungan Madi, meski belum dikelola dengan maksimal, namun menjadi tetap memiliki daya tarik untuk dikunjungi wisatawan lokal.

Kesejukan air batu dan keasrian hutan sekitar kaki Gunung Bawang menjadi alasan lokasi wisata di Desa Tiga Berkat, Kecamatan Lumar tetap dikunjungi. Akhir pekan, Sabtu dan Minggu, lokasi ini paling sering didatangi.

Namun sayang, kesadaran pengunjung terhadap kebersihan tempat itu masih kurang. Banyak sampah yang dibuang sembarangan hingga keadaan sekitar menjadi kotor. Dan yang lebih parah, tak sedikit sampah yang terbawa air hingga kelahan persawahan warga, Dusun Madi.

“Kami harap para pengunjung menghargai masyarakat setempat dengan menjaga kebersihan Bendungan,” pinta salah seorang warga Madi, Wanto, Sabtu (18/7).

Apalagi masuk kelokasi wisata yang tanpa dipungut biaya, baik biaya parkir maupun tiket masuk, keamanan pengunjung maupun kendaraan yang ditinggalkan seharian terjaga sewajarnya jika dihargai dengan menjaga kebersihan.

Menurutnya, dilokasi Bendungan Madi sebelumnya sudah pernah dibuat plang yang menghimbau agar siapapun yang berkunjung tidak membuang sampah sembarangan. Akan tetapi plang tersebut sudah hilang.

“Meskipun tanpa plang peringatan, harusnya pengunjung memiliki kesadaran agar tidak mengotori tempat itu,” jelasnya.

Terkait keluhan Wanto ini, beberapa waktu lalu, saat ramai dikunjungi, lokasi wisata Bukit Jamur di Kecamatan Bengkayang juga mengalami masalah yang sama. Lokasi wisata embun tersebut sekejap berubah menjadi kotor karena minimnya kesadaran pengunjung menjaga kebersihan. (*)

***SURYADMAN GIDOT MENUJU KURSI GUBERNUR KALIMANTAN BARAT 2018***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s