Lokasi Pembangunan TPS Dekat Pemukiman Perlu Dikaji Ulang


image

Lokasi TPS di Sungai Duri

UTUSAN RAKYAT, Sungai Raya – Penanganan sampah perlu diperhatikan sejak dini sebelum menimbulkan masalah dikemudian hari. Mungkin niat baik Pemda Bengkayang mengantisipasi hal tersebut sudah benar dengan berupaya membangunan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) pada titik tertentu.

Namun yang jadi permasalahannya adalah, lokasi pembangunan TPS berada pada tempat yang kurang patut. Kondisi ini terjadi dalam rencana pembangunan di TPS Sungai Duri, Kecamatan Sungai Raya.

Pembangunan yang berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) senilai Rp.199.200.000 dengan luas 60.000 M2 tersebut berada dekat dengan pemukiman warga maupun sarana pendidikan, SMP Negeri 1 Sungai Raya.

Oleh sebab itu, Anggota LP3K-RI Kabupaten Bengkayang, Muhadi menyarankan agar lokasi pembangunan TPS perlu dikaji ulang oleh Pemda Bengkayang melalui stakeholder terkait, Badan Lingkungan Hidup ataupun Dinas Pekerjaan Umum.

Sebab menurut Suhadi, apabila dibiarkan, hasil pembangunan TPS bukannya berdampak baik tetapi yang terjadi malah sebaliknya.

“Selain mengganggu aktivitas masyarakat, dampak lainnya keberadaan TPS akan mengganggu kesehatan masyarakat disekitar TPS itu,lambat laun akan terserang penyakit pernapasan dan penyakit kulit,” kata Muhadi, Minggu(28/6) saat dilokasi TPS Sungai Duri.

Menurut sumber penulis, proyek TPS tersebut, awalnya melalui proyek Penunjukan Langsung (PL) akan tetapi, kenyataannya pelaksanaannya dilapangan dikelola melalui swakelola. Sementara berdasarkan investigasi dilapangan, hingga kini belum tampak kegiatan pembuangan sampah dilokasi itu.

Penulis : Yulizar

***SURYADMAN GIDOT MENUJU KURSI GUBERNUR KALIMANTAN BARAT 2018***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s