Rusa’ Kati’ Ba Pait


image

Musim Kemarau, Angkut Air

“Rusa’ kati ba pait (Rusak tidak air)” gumam Ibuku saat didapur mencuci beberapa sendok. Tak tahu apanya yang rusak, yang pasti Ibuku mengeluh karena hampir satu bulan ini kemarau, dirumah kesulitan air bersih. Maka air yang ada harus hemat digunakan.

Wajar Ibuku ini mengeluh, sebab biasanya, jika turun turun hujan sumber air mudah didapat, terutama dari air pancuran yang berasal dari belakang rumah. Sementara saat ini, mandi saja susah, apalagi mencuci pakaian. Mesti berangkat ke Kebun atau Sungai Madi (anak Sungai Sambas).

Di Dusun Sebol, Desa Tiga Berkat, Kecamatan Lumar sendiri memang sudah sejak lama kesulitan mendapatkan air bersih. Jaringan Air Bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bengkayang hampir sepuluh tahun ini tak berfungsi. Padahal sumber air PDAM Bengkayang berasal dari Desa Tiga Berkat, tepatnya Dusun Madi.

“Apalagi yang kurang di Sebol ini. Kepala Desa (domisili) di Sebol. Kepala Adat di Sebol. Petugas PDAM ada di Sebol. Sampai Anggota Dewan (DPRD) juga ada di Sebol tapi (jaringan) Air PDAM sampai sekarang tak bisa diperjuangkan,” begitu bunyi kampanye Timses salah seorang Caleg 2013-2014 lalu.

Kenyataan saat ini, baik pada musim kemarau maupun hujan, sebagian warga di Sebol untuk mendapatkan air bersih harus diangkut dari Sungai Madi ataupun air Leding (PDAM) yang mengalir hingga Simpati (Lumar).

Proyek rehabilitas pipa PDAM yang dikerjakan kontraktor pada akhir 2014 lalu juga gagal meski pipa yang mengaliri Dusun Lumar dan Mabak dibagi untuk mengaliri warga di Dusun Sebol. Air setetes pun tak mengalir perumahan warga.

Menurut prediksi BMKG, musim kemarau di Indonesia dimulai pada bulan Juli dan berakhir Nopember. Perubahan iklim ini diakibatkan adanya badai El-Nino (perubahan angin laut) yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia.

Semoga musim kering ini warga tetap sehat dan tak terjadi bencana alam (kebakaran lahan dan asap).

***SURYADMAN GIDOT MENUJU KURSI GUBERNUR KALIMANTAN BARAT 2018***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s