Calon Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkayang


UTUSAN RAKYAT, Bengkayang – Seiring usia, tentu masa kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkayang yang saat ini dijabat Drs. Kristianus Anyim, M.Si tidak lama lagi akan berakhir. Tahun 2016 mendatang genap berusia 60 tahun.

Akan lebih awal lagi apabila sebelum 26 Juli 2015, orang nomor satu dilingkungan PNS Bengkayang tersebut mengundurkan diri yang diwajibkan guna mengikuti pesta demokrasi.

Nah… tentunya akan ada regenerasi pemegang jabatan tersebut. Tim Baperjakat terlebih dahulu merekomendasikan Calon pejabat yang dimaksud kepada Pemprop Kalbar untuk diasistensi.
Menurut para Pembaca sekalian, diantara nama-nama Figur PNS yang tergolong berpengalaman dibawah ini, siapakah yang menurut Pembaca akan menempati posisi tersebut?

1. Benediktus Basuni (DPPKAD)
2. Drs. Lorensius (Sekretaris DPRD)
3. DR. Yan (Kadis Dikbud)
4. Alexius, M.Si (Kadis PU)
5. Drs. Gerardus (Kepala BKD)
6. Dll

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 tahun 2005 tentang Penilaian Penilaian Calon Sekda dan Pejabat Eselon II di Lingkungan Kabupaten/Kota, disebutkan bahwa, Nama calon yang diajukan harus dari golongan yang sama. Tidak boleh berbeda golongan. Kalau IV b, maka harus dari golongan IV b semua.

Berdasarkan aturan itu, untuk calon pejabat eselon II, minimal dari golongan IVa. Sedangkan untuk calon Sekda minimal golongan IVb.

Dalam Permendagri tersebut, ada garis pedoman penilaian yang jelas. Dalam pasal 1 ayat (3) huruf b Permendagri 5/2005, disebutkan calon Sekda sekurang-kurangnya pernah menduduki dua jabatan struktural eselon IVb yang berbeda. Sekurang-kurangnya memiliki ijazah S-1.

Syarat lainnya, berusia sekurang-kurangnya satu tahun sebelum mencapai batas usia pensiun sesuai dengan kebijakan kepala daerah. Syarat terakhir untuk calon Sekda, semua unsur penilaian prestasi kerja (DP3) sekurang-kurangnya bernilai baik dalam dua tahun terakhir.

*Catatan : Tulisan ini hanya sebatas prediksi. Kecuali Permendagri.

Email KRISANTUS : (1). rajaborneo@gmail.com (2). raja_borneo@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s