Pilkada Sekadau 2015 || Dua Pasangan Serahkan Dokumen Dukungan


UTUSAN RAKYAT, Sekadau – Dua pasangan calon Kandidat Bupati dan Wakil Bupati perseorangan (Independen) dihari terakhir penerimaan berkas menyerahkan syarat dukungan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sekadau.

Dua balon masing-masing,
Calon Wakil Bupati Cristian Amon.SE. Pasangan Calon Bupati Hermanto S.Sos M.Si dan calon Wakil Bupati Samuel S.Pd.hadir dalam penyerahan. Sedangkan kandidat bakal calon Bupati H. Pensong, SE M.Si tidak menghadiri penyerahan berkas. Namun demikian diketahui pada Minggu 14 Juni 2015, H. Pensong, SE M.Si sudah menandatangani Berita Acara penyerahan berkas syarat dukungan ke KPUD Sekadau.

Ketua KPUD Sekadau G.Mahmud Buang, SE dikonfirmasi mengatakan,dalam proses tahapan pencalonan ada proses yang harus di lewati pasangan calon salah satunya adalah penyerahan berkas dukungan perseorangan pasangan calon independen yang dimulai sejak 11 sampai dengan 15 Juni 2015, pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

“Setelah di seleksi Sekretariat KPUD dinyatakan, kandidat pasangan calon Hermanto S.Sos M.Si dan Samuel S.Pd didapat hasil berkas tidak memenuhi syarat, salah satunya B2 (Rekap/Desa) dan beberapa berkas lainya,” ujar Mahmud Buang.

Dikatakannya, oleh karena waktu massa penyerahan berkas sudah berakhir pukul 16.00 WIB, maka KPU mengembalikan berkas milik Hermanto S.Sos, M.Si dan Samuel S.Pd dan dilengkapi dengan berita acara pengembalian berkas.

Sedangkan berkas pencalonan perseorangan Kandidat H.Pensong SE., M.Si dan Cristian Amon SE diyatakan lengkap oleh sekretariat KPUD. Meski demikian berkas pendaftaran milik Pensong dan Amon masih dalam koreksi. Meski lengkap belum diyatakan memenuhi syarat karena masih dalam pemeriksaan.

“Setelah itu ada pemeriksaan faktual kelapangan di tingkat Desa dan PPS,” jelas Mahmud Buang.

Ditempat yang sama, Tohidin,demisioner KPUD Sekadau mengatakan, syarat dukungan yang diserahkan secara simbolis akan diverifikasi oleh KPUD untuk memeriksa apakah sudah sesuai dengan persyataran.

Dalam proses penyerahan berkas dan verifikasi administrasi di undang Panwaslu sebagai pengawas dalam proses Pemilu.

“Dalam proses perhitungan perwakilan tim kandidat di ikutkan sebagai saksi perfikasi,” tegasnya.

Proses pencalonan diawali dengan proses syarat dukungan paling sedikit 20.587 tersebar lebih dari 50 persen kecamatan (4 kecamatan) dan penyerahan berkas dukungan sebagai syarat untuk pencalonan non partai.

Ditempat yang sama,Ketua Panwaslu Kabupaten Sekadau, M.Oktavianus S.Pd mengatakan dari pelaksanaan penerimaan syarat dukungan pasangan calon perseorangan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Sekadau tahun 2015, Pasangan Hermanto dan Samuel datang pukul 16.00 wib, masih dapat diterima oleh KPU dan Panwaslu.

“Meski demikian dalam verifikasi di Sekretariat KPUD didapati berkas-berkas dukungan tidak lengkap sehingga sesuai dengan PKPU tidak dapat diterima KPUD,” tegasnya.

Dirinya mengharapkan kerjasama antar semua pihak agar pemilu di Kabupaten Sekadau berjalan kondusif aman dan lancar.

Hingga pukul 19.00 wib, sejumlah aparat keamanan kepolisian resor Sekadau masih melakukan penjagaan di Kantor KPUD mengingat proses pemeriksaan berkas dukungan kandidat masih berlangsung.

Penulis : Yahya
Sumber : Radar-Indonesia

Email KRISANTUS : (1). rajaborneo@gmail.com (2). raja_borneo@yahoo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s