Berikut Jumlah Dukungan Minimal Calon Perseorangan di 7 Kabupaten


UTUSAN RAKYAT, Bengkayang – Pemilu Bupati dan Wakil Bupati di 7 (tujuh) daerah yang ada di Kalbar mulai hari ini, 11 Juni memasuki tahap penyerahan dokumen Calon Perseorangan.

Sebelumnya, KPU masing-masing daerah sebagai penyelenggara telah mengumumkan jadwal penyerahan dokumen bagi pasangan calon perseorangan (Independen) pada 24 Mei yang lalu.

“Dokumen dukungan diserahkan mulai tanggal 11 sampai dengan 15 juni 2015,” kata Ketua KPU Bengkayang, Ir. Martinus Khiu, Minggu (24/5) melalui pesan media.

Berikut Syarat Dukungan Mininal bagi Calon Perseorangan ditiap Kabupaten yang menyelenggarakan Pemilu Bupati/Wakil Bupati :

1. BENGKAYANG

Bagi calon perseorangan yang ingin bertarung dalam Pilkada Bengkayang Desember mendatang, sedikitnya harus mengantongi jumlah dukungan sebesar 8,5 persen dari 280.364 jiwa keseluruhan jumlah penduduk Bengkayang. Atau berjumlah 23.831 dukungan yang tersebar dilebih 50 persen Kecamatan yang ada di Bengkayang atau 9 Kecamatan,” Ketua KPU Bengkayang, Ir. Martinus Khiu.

2. KAPUAS HULU

“Dukungan minimal 23.420 orang tersebut mutlak. Angka itu merupakan 10 persen dari jumlah penduduk Kapuas Hulu yang tercatat sebanyak 234.192 orang,” Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu Lisma Roliza SH. Dikatakan Lisma, dukungan juga harus tersebar di 50 persen dari 23 kecamatan yang ada di Kapuas Hulu. Ini artinya sebaran dukungan tersebut paling sedikit berada di 12 kecamatan.

3. SEKADAU

Syarat untuk maju sebagai calon independen adalah dengan mengumpulkan dukungan dari setidaknya 10 persen total penduduk. Di Kabupaten Sekadau, jumlah penduduk keseluruhan lebih kurang 205.866 jiwa.

“Artinya calon perseorangan minimal mendapat dukungan dari 20.587 penduduk sebagai syarat untuk maju dalam pemilukada,” Ketua KPU Sekadau, Gusti Mahmud Buang kepada Radar Indonesia News, Senin (25/5).

4. SINTANG

Ketua Devisi Teknis Penyelenggaran KPU Sintang Ade M Iswadi mengatakan sesuai tahapan Pemilukada Sintang maka pendaftaran di buka mulai tanggal 11 Juni 2015 hingga 15 Juni 2015.

“Syarat dukungan Calon Perseorangan sebagaimana ketentuan, paling sedikit 8,5 persen dari jumlah penduduk kabupaten Sintang yaitu minimal 33.878 Jiwa, dukungan ini tersebar lebih dari 50 persen kecamatan yang ada di Sintang yaitu minimal 8 Kecamatan, “ Jelas Ade M Iswadi, Rabu (10/6/2015).

Sementara itu, seperti dikutip dalam situs resmi KPU Kalbar.

5. MELAWI

Bagi calon perseorangan yang ingin bertarung dalam Pilkada Melawi Desember mendatang, sedikitnya harus mengantongi jumlah dukungan sebesar 10 persen dari 226.289 jiwa keseluruhan jumlah penduduk Melawi. Atau berjumlah 22.629 dukungan yang tersebar dilebih 50 persen Kecamatan yang ada di Melawi atau 6 Kecamatan dari 11 Kecamatan yang ada.

6. SAMBAS

Bagi calon perseorangan yang ingin bertarung dalam Pilkada Sambas Desember mendatang, sedikitnya harus mengantongi jumlah dukungan sebesar 7,5 persen dari 626.995 jiwa keseluruhan jumlah penduduk Sambas. Atau berjumlah 47.025 dukungan yang tersebar dilebih 50 persen Kecamatan yang ada di Sambas atau 10 Kecamatan dari 19 Kecamatan yang ada.

7. KETAPANG

Bagi calon perseorangan yang ingin bertarung dalam Pilkada Ketapang Desember mendatang, sedikitnya harus mengantongi jumlah dukungan sebesar 7,5 persen dari 573.809 jiwa keseluruhan jumlah penduduk Ketapang. Atau berjumlah 43.036 dukungan yang tersebar dilebih 50 persen Kecamatan yang ada di Bengkayang atau 11 Kecamatan dari 20 Kecamatan yang ada.

Berbagai Sumber

Email KRISANTUS : (1). rajaborneo@gmail.com (2). raja_borneo@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s