Bupati Resmikan Asrama Mahasiswa Bengkayang di Pontianak


image

Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot, M.Pd saat meresmikan Asrama Mahasiswa

UTUSAN RAKYAT, Pontianak – Lebih 20 tahun yang lalu, Dia berharap agar Pemerintah Kabupaten Sambas dapat memberikan perhatian dengan memberikan beasiswa maupun asrama bagi Mahasiswa/i yang berasal dari pedalaman dan kurang mampu.

Namun apa daya, Ikatan Mahasiswa Pedalaman, organisasi yang menaungi sebagian besar mahasiswa asal beberapa Kecamatan (wilayah Bengkayang saat ini) tak bisa menjadi wadah yang mampu menggugah perhatian pemerintah saat itu (Tahun 1999 kebawah, Bengkayang masih bergabung dengan Kabupaten Sambas) agar dapat memperhatikan mereka.

Waktu berlalu dan seiring digaungkannya Otonomi Daerah (Otda) serta bergesernya peta politik nasional. Akhirnya, Sabtu (6/6/2015), Dia sendiri yang meresmikan Asrama bagi Mahasiswa Bengkayang di Pontianak (Mess Pemda II). Dialah Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot, M.Pd, Alumnus FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Pada saat peresmian, Bupati hadir didampingi Wakil Ketua DPRD Bengkayang, Yosua Sugara, Anggota DPRD dari PAN, M.Yunus, beberapa SKPD, Asisten, Pembina sekaligus Mantan Ketua IMKB, Wardi, S.Si, Ketua IMKB, Leonardus serta Mahasiswa Bengkayang maupun tamu undangan.

image

Asrama Mahasiswa Bengkayang di Pontianak

Dalam sambutannya, Gidot mengungkapkan, berdirinya asrama ini merupakan salah satu kepedulian Pemda Bengkayang terhadap Mahasiswa. Meski nantinya keberadaan Asrama tidak mampu menampung seluruh mahasiswa asal Kabupaten Bengkayang, setidaknya asrama yang ada ini diharapkan mampu menampung calon SDM yang handal dan berkonstribusi bagi pembangunan.

“Nantinya Mahasiswa yang menempati Asrama diutamakan bagi mereka yang kurang mampu (secara ekonomi), namun punya kemauan besar menuntut ilmu,” tegasnya.

Gidot agar dalam proses perekrutan penghuni asrama diatur dengan baik antara IMKB bersama Asisten Pemerintahan sehingga Mahasiswa yang akan menempati Asrama adalah mereka yang benar-benar membutuhkan.

Mengingat daya tampung asrama sangat terbatas, yakni sebanyak 60 Mahasiswa, sementara hanya diperutukkan bagi Mahasiswa (Putra).

‘Kedepan akan dibangun Asrama Putri IMKB,” janjinya.

Pria yang berencana ikut bertarung pada Pilkada Gubernur Kalbar 2018 ini mengakhiri sambutannya dengan memotivasi para Mahasiswa/i asal Bengkayang agar  sungguh-sungguh belajar, lebih produktif dan peduli terhadap daerah.

Sementara itu, Ketua IMKB, Leonardus merasa Bersyukur dan berterima kasih kepada Pemda Bengkayang yang telah membangun asrama ini. Namun Dia juga mengharapkan Pemda Bengkayang membangun asrama putri.

“Berdasarkan data yang dihimpun IMKB, saat ini jumlah Mahasiswa/i asal Bengkayang di Pontianak kurang lebih 2000 orang,” ungkap Leo.

Hal senada diungkapkan M. Yunus, yang meminta kepada para Mahasiswa agar lebih termotivasi menyelesaikan perkuliahan dengan adanya perhatian yang telah diberikan Pemda. (*).

Email KRISANTUS : (1). rajaborneo@gmail.com (2). raja_borneo@yahoo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s