100 PNS Daerah Ini, Ijasahnya S-1, Kuliahnya 6 Bulan


UTUSAN RAKYAT, Subang – Tak kurang sekitar 100 PNS diindikasikan telah membohongi Pemda tempat mereka bernaung dengan menggunakan ijasah S-1 yang diperoleh secara singkat, melalui enam bulan perkuliahan. Hal ini disampaikan pengamat administrasi publik, Dr Tatang Parjaman, saat menyusun Disertasi yang mengambil sampel dilingkungan Pemda Subang.

Sebab itu Tatang meminta agar Pemerintah Kabupaten Subang untuk  aktif menyisir para pegawainya yang diduga menempuh pendidikan tinggi secara tidak normal. Menurutnya, saat ini tak sedikit pegawai di lingkungan Pemkab Subang sudah menyandang gelar sarjana, baik S1 maupun S2.

Namun demikian, terdapat diantaranya yang mendapatkannya secara tidak normal, alias hanya berkuliah beberapa bulan saja. Untuk itu diperlukan peran aktif pemerintah daerah agar tidak dibohongi pegawainya.

Kata Tatang, biasanya ijazah (S1 dan S2) yang diperoleh secara “tidak normal”, didapatkan dari perguruan tinggi yang membuka kelas jauh. Di Subang sendiri, kata Tatang, tidak sedikit perguruan tinggi yang membuka kelas jauh.

“Seharusnya pemerintah jangan membiarkan, harus pro aktif. Harus ada peran serta dari pemerintah, pokoknya jangan ngasih izin,” ungkapnya.

Ketika menyusun disertasi, Tatang menemukan tidak kurang dari 100 pegawai (PNS, red) yang ijazahnya diperoleh secara singkat.

“Saya juga menemukan ketika disertasi saya di Pemkab Subang, lebih dari 100 orang (PNS) Sarjana (S1) yang hanya kuliah enam bulan sampai satu tahun,” ujarnya.

Dengan demikian, Tatang mengatakan, Pemkab Subang telah dibohongi oleh pegawainya. Dia mencontohkan, seorang pegawai yang mendapatkan ijazah S1 secara singkat, maka akan mendapatkan gaji sesuai dengan ijazahnya, yakni S1.

“Padahal kemampuannya masih SMA. Kan rugi itu. Jadi pemerintah ditipu oleh yang bersangkutan,” terangnya.

Secara aturan, Tatang menjelaskan, untuk menjadi Sarjana minimal sudah menempuh pendidik selama 3,5 tahun, atau tujuh semester. “Kalau dibawah itu sudah abnormal,” ujarnya. (ysp/din)

Sumber : jpnn

Email KRISANTUS : (1). rajaborneo@gmail.com (2). raja_borneo@yahoo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s