Alumni PNPM Turut Daftar PPK dan Panwas di Bengkayang


UTUSAN RAKYAT, Bengkayang – Keputusan Pemerintah yang menghentikan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) per 31 Desember 2014 lalu secara nyata berdampak bagi pelaku PNPM. Sekurangnya 26 ribu orang kehilangan pekerjaan pada saat itu.

Sebagian besar alumni dari program yang telah lama berjalan dan berdampak nyata bagi pembangunan didaerah sudah kembali mendapatkan pekerjaan dengan jalur dan keahlian masing-masing. Sementara bagi sejumlah lainnya, sembari menunggu adanya program baru, juga turut mengambil peluang yang ada.

Moment Pemilu Kepala Daerah misalnya. Perekrutan tenaga yang dibutuhkan KPU dan Pawaslu. Dibukanya penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) menjadi kesempatan para ‘Alumni’ Pelaku PNPM ikut bersaing dengan peserta lain.

Kabupaten Bengkayang, salah satu daerah di Kalbar yang menyelenggarakan Pilkada akhir 2015 ini menyajikan kesempatan tersebut.

Sedikitnya, 7 Alumni PNPM, Kamis (4/6) kemarin dilantik sebagai Anggota PPK dibeberapa Kecamatan yang ada. Sementara 2 lainnya, saat tulisan ini dibuat, baru saja mengikuti Fit and Propertest di Sekretariat Panwas Kabupaten Bengkayang.

Meski dua kesempatan yang ada itu bukanlah tumpuan utama (bukan tempat bergantung hidup satu-satunya), namun ini menjadi gambaran, betapa dampak penghentian program yang terlihat nyata bagi pembangunan cukup dirasakan.

“Kalau dulu tahu Pemerintahan saat ini tak lagi melanjutkan program, lebih baik.*.*.*.* (maaf hanya sebatas obrolan warung kopi),” celoteh seseorang mengakhiri perbincangan.

#catatan Penulis, Kamis (4/6/2015) dari obrolan di Warung Kopi sekitar Pukul 17.00 WIB.

Email KRISANTUS : (1). rajaborneo@gmail.com (2). raja_borneo@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s