KPU Kapuas Hulu || Sosialisasi Pencalonan


UTUSAN RAKYAT, Putussibau – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu menggelar sosialisasi pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu di Putussibau.

Ketua KPU Kapuas Hulu Lisma Roliza mengatakan sosialisasi dilakukan mengingat tahapan pencalonan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu telah berjalan.

Dikatakan Lisma, sesuai Peraturan KPU Nomor 2 tahun 2015 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan kepala daerah, penyerahan syarat dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati perseorangan tanggal 11 hingga 18 Juni 2015.

“Kita telah mengumumkan terkait penyerahan syarat dukungan pada tanggal 24 Mei lalu hingga 7 Juni mendatang,” terang Lisma.

Lisma menjelaskan, tahapan pencalonan dilakukan lebih awal jadwalnya karena ada proses penyerahan syarat dukungan hingga proses verifikasi administrasi dan faktual.

“Sesuai jadwal penelitian jumlah minimal dukungan dan analisis dukungan ganda pada tanggal 11 – 18 Juni 2015. Dilanjutkan dengan penelitian administrasi dan faktual di tingkat desa/kelurahan pada tanggal 23 Juni sampai 6 Juli 2015,” papar dia.

Sementara pendaftaran pasangan calon akan dimulai pada 26 hingga 28 Juli 2015 mendatang.
Ditambahkan Komisioner KPU Kapuas Hulu, Rita SH, pencalonan bupati-wakil bupati berpedoman kepada Peraturan KPU Nomor 9 tahun 2015. Di mana secara umum ada dua jalur mencalonkan, yaitu melalui partai politik dan perseorangan.

“Untuk jalur partai politik juga terdapat dua mekanisme yaitu menggunakan jumlah kursi dan suara sah. Partai politik yang menggunakan jumlah kursi harus memenuhi syarat 20% dari jumlah kursi DPRD,” kata Rita.

Untuk Kapuas Hulu, setidaknya partai politik harus memiliki 6 kursi untuk bisa mencalonkan karena jumlah kursi DPRD Kapuas Hulu sebanyak 30 kursi dikali 20 persen menghasilkan 6 kursi.
Sedangkan suara sah harus mengantongi 25 persen dari total suara sah pemilu, yaitu sebanyak 35. 224 suara sah.

“Sementara untuk jalur perseorangan harus memenuhi ketentuan minimal dukungan sebanyak 23.420 jiwa. Angka itu berdasarkan ketentuan kabupaten jumlah penduduk sampai 250.00 jiwa syarat dukungan minimal 10%. Jumlah penduduk Kapuas Hulu bersumber dari Data Agregat Kependudukan Kecamatan dari Pemerintah Daerah 234.192 jiwa,” paparnya.

Untuk memudahkan pemenuhan syarat calon, Rita memaparkan KPU telah menyiapkan aplikasi sistem pencalonan atau Silon. Aplikasi tersebut digunakan untuk memenuhi pengisian formulir yang harus dipenuhi.

Penulis : Andre
Sumber : antarakalbar.com

Email KRISANTUS : (1). rajaborneo@gmail.com (2). raja_borneo@yahoo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s