Kapuas Hulu || Kemenkum HAM Perkuat Imigrasi Perbatasan


UTUSAN RAKYAT, Putussibau – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia akan memperkuat keimigrasian di seluruh daerah perbatasan, termasuk di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

“Kita kunjungi Kapuas Hulu sebagai tindak lanjut kerja sama kami di Kementerian Hukum, Direktorat Jendral Imigrasi dengan staf ahli menteri. Jadi kita kesini membawa misi menteri untuk melakukan pengkajian daerah perbatasan,” kata Asep Kurnia, Direktur Lintas Batas dan Kerjasama Luar Negeri Keimigrasian, Ditjen Imigrasi Kemenkum dan HAM di Putussibau.

Kunjungan tersebut menurut Asep menjadi langkah penting untuk melihat langsung keimigrasian di daerah perbatasan yang selama ini terkesan lemah dalam pelayanan.

“Kita lagi menginventarisasi kebutuhan apa saja yang diperlukan di daerah perbatasan. Khususnya berkaitan dengan pengawasan keimigrasian,” kata dia.

Penguatan keimigrasian sambung Asep selaras dengan program pemerintah saat ini yang berkomitmen membangun Indonesia dari daerah pinggiran dengan konsep keterpaduan.

“Ini sama dengan program pak Jokowi untuk membangun dari pinggiran. Mungkin selama ini banyak perlintasan-perlintasan yang belum bisa kita deteksi dari jarak jauh. Sehingga kita perlu memastikan bahwa mereka masuk membawa manfaat bagi Indonesia,” paparnya.

“Jadi kita nantinya turut mendukung program-program pemerintah berkaitan dengan pemeriksaan maupun playanan yang ada di pos perbatasan,” sambungnya.

Dikatakan Asep, khusus untuk Kapuas Hulu, program yang dicanangkan Dirjen Imigrasi, Kemenkum HAM diantaranya penguatan SDM dan fasilitas pendukung pelayanan, salah satunya gedung yang representatif harus ada di Putussibau.

“Penguatan yang dilakukan, seperti petugas imigrasi yang ada supaya ditambah, baik SDM, peralatannya, gedung. Kalau seperti disini gedung masih minjam. Nah kita menginginkan yang permanen agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” pungkas Asep Kurnia.

Penulis : Andre
Sumber : antarakalbar.com

Email KRISANTUS : (1). rajaborneo@gmail.com (2). raja_borneo@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s