LMII || Menteri Pariwisata Diklaim Lulusan LMII


UTUSAN RAKYAT, Jakarta –  Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melaporkan Lembaga Manajemen Internasional Indonesia (LMII) yang menggunakan nama University of Berkley sebagai identitas kampus ke Bareskrim Polri. Hal ini untuk menindaklanjuti temuan mengenai ijazah yang dikeluarkan tidak secara legal.

“Hari ini kami menyerahkan dokumen temuan untuk menindaklanjuti perguruan tinggi yang tidak memiliki izin,” kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir, Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Nasir menyerahkan dokumen temuan tersebut langsung ke Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Kemenristek Dikti hari ini, Selasa (24/5). Badrodin sendiri menyebut pihaknya akan langsung mempelajari temuan dari Kemenristek Dikti mengenai dugaan ijazah palsu yang dikeluarkan LMII yang mencatut Universitas Berkley.

“Ini akan kita pelajari dan akan kita lakukan penyelidikan. Sebagaimana tadi yang dilakukan Pak Menteri (Nasir) ada yang dituduh melakukan pelanggaran izin,” kata Badrodin.

Sebelumnya, Menristek Dikti melakukan sidak ke Universitas Berkley di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, (21/5) kemarin. Dalam sidak itu Nasir menemukan ijazah palsu yang dikeluarkan universitas tersebut.

*Menteri Pariwisata Diklaim Lulusan Berkley Jakarta

Rektor Universitas Berkley Jakarta Liartha S. Kembaren mengklaim Menteri Pariwisata Arief Yahya memang salah satu alumninya. Arief, kata Liartha, mengikuti program Doctor of Philosophy (PhD) di bidang manajemen.

“Saya lupa persisnya, tapi sekitar tahun 2000-an. Dia ambil program selama dua tahun,” kata Liartha saat dihubungi, Selasa, 2 Juni 2015.

Menurut Liartha, saat itu Arief masih menjabat petinggi PT Telkom. Sebelum bergabung dengan Kabinet Kerja, Arief memang pernah memimpin perusahaan telekomunikasi itu pada 2002-2013.

Nama Arief Yahya juga tercantum dalam situs Universitas Berkley dengan posisi sebagai General Manager PT Telkom Jakarta Barat.
Liartha terkejut saat Tempo memberitahu bahwa Arief kini telah menjadi menteri.

“Wah, kirimi saya alamatnya, saya mau kirim surat,” kata Liartha dengan nada girang.

University of Berkley Michigan membuka cabang di Jakarta melalui kerja sama dengan Lembaga Manajemen Internasional Indonesia (LMII).

Liartha adalah rektor universitas itu sekaligus Ketua LMII. Dalam situs resminya, LMII mempublikasikan daftar alumni yang meraih gelar PhD dari kampus tersebut.

Sejumlah nama beken seperti Arief Yahya, anggota DPR Kamarudin Watubun dan Lili Asdjudiredja, mantan Kapolda Sumut Irjen Hadiman, serta mantan Kapolda Jateng Alexander Bambang Riatmodjo ada dalam daftar tersebut.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir menginspeksi mendadak kampus LMII yang ada di Menteng pekan lalu. Dari hasil inspeksi, Nasir menyatakan LMII adalah kampus bodong karena izinnya hanyalah sebagai tempat kursus. Ijazah yang dikeluarkan LMII juga dinyatakan palsu.

Liartha mengatakan semua nama yang ada dalam situs LMII benar pernah mengikuti program PhD Berkley walau dia tak bisa mengingat pasti tanggal-tanggalnya.

“Sudah lama sekali, kampus kami juga sudah pindah tiga kali.”

Dia bahkan menyebut masih berhubungan dengan mantan Kapolda Sumut Hadiman. Melalui stafnya, klaim Liartha, Hadiman mengatakan tak ada yang salah dengan Kampus Berkley. Hadiman, menurut Liartha, juga berjanji akan memberi dukungan.

“Katanya, tak usah layani Mendiknas yang baru ini,” ucap Liartha.

Sumber : Tempo dan Sumber lain.

Email KRISANTUS : (1). rajaborneo@gmail.com (2). raja_borneo@yahoo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s