*Pilkada Bengkayang 2015 || PNS Mau Jadi Bupati ? Mundur Dulu…!!


image

KPU Bengkayang gelar sosialisasi

UTUSAN RAKYAT, Bengkayang –
Pendaftaran Balon Bupati Bengkayang, Juli mendatang tak lama lagi. Oleh karena itu, bagi PNS yang berniat untuk maju pada Pilkada harus segera mengundurkan diri. Tak hanya bagi PNS, Anggota TNI/Polri juga demikian. Hal tersebut tertuang jelas dalam Peraturan KPU No 9 Tahun 2015 Tentang Pencalonan.

Menurut Ketua KPU Bengkayang, Ir. Martinus Khiu, pada saat pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang bagi PNS, TNI atau Polri harus menyerahkan surat pengunduran dari yang bersangkutan dan surat keterangan dari pejabat yang berwenang yang menyatakan bahwa pengunduran diri yang bersangkutan masih dalam proses. Sedangkan H-1 sebelum pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati tepatnya tanggal 23 Juli 2015 bakal calon yang bersangkutan harus sudah menyampaikan surat keputusan pemberhentian bakal calon yang bersangkutan kepada  KPU Bengkayang. 

“Apabila saat penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati  oleh KPU Bengkayang tanggal 24 Agustus 2015 dari PNS, TNI atau Polri  belum menyerahkan Surat Keputusan pemberhentian sebagai PNS, TNI atau Polri kepada KPU Bengkayang, maka dianggap tidak memenuhi syarat sebagai calon atau gugur,” tegasnya, Jumat (28/5) di Wisma Jovan Bengkayang.

Badarudin SH, anggota DPRD Bengkayang dari DPC Hanura mengaku, pihaknya telah membuka pendaftaran. Adapun yang melamar sebagai calon Bupati ialah Suryadman Gidot, (Bupati Bengkayang periode 2010-2015), Sebastianus Darwis (Ketua Komis A DPRD Bengkayang) dan Kristianus Anyim (Sekda) dan Badarudin sendiri. Sedangkan Calon Wakil ialah Rahmat (Polri aktif), Agustinus Naon (Wakil Bupati Bengkayang). Antoni Harahap, Ketua DPK PKP Indonesia mengaku pihaknya juga telah membuyka pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang.

*KPU Gelar Sosialisasi

KPU Bengkayang menggelar Sosialisasi tata cara pencalonan Pilkada Bengkayang baik itu dari unsur calon perseorangan, partai politik maupun gabungan partai politik di Wisma Jovan Jalan Perwira, Jumat (28/5).

“Tujuan kegiatan ini ialah Supaya para bakal calon Bupati dan Wakil Bupati memahami tentang persyaratan pencalonan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan KPU serta tata cara pencalonan tersebut,” terang Martinus Khiu Ketua KPU Bengkayang.

Penulis : Yopi Cahyono (Wartawan SUARA PEMRED)
Editor : Krisantus

Email KRISANTUS : (1). rajaborneo@gmail.com (2). raja_borneo@yahoo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s