Pekan Budaya Adat Barape’ Sawa’ Ke-1


image

Perempuan Dayak Bakati Desa Rodaya, Ledo

UTUSAN RAKYAT, Bengkayang – Dayak Bakati’, sama halnya dengan sub suku Dayak lainnya memiliki khasanah budaya yang cukup banyak. Namun hingga saat ini jarang diangkat ke permukaan. Lembaga adat seperti Dewan Adat Dayak (DAD) dan lainnya yang dianggap berkompeten menggali potensi budaya Dayak Bakati’ belum bisa berbuat banyak dengan keterbatasan yang dihadapi.

Sebab itu, patut disyukuri karena pada tahun 2015 ini, kepedulian sebagian pihak terhadap pelestarian adat dan budaya Dayak Bakati’ kemudian diangkat melalui Pekan Budaya Adat Barape’ Sawa’ ke-1 yang dipusatkan di Halaman Gallery Dekranasda Bengkayang, BP2. Bahkan, moment tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot, M.Pd, Rabu (27/5).

Yulius Heri, M.Pd selaku Ketua Panitia Pekan Budaya Barape Sawa ke-1 mengatakan, momen tersebut mempunyai arti sama dengan yang pernah kita lakukan seperti Naik Dango yaitu merupakan ucapan syukur atas hasil panen yang melimpah dan mengawali kegiatan yang akan dilakukan seperti menanam dan memulai aktivitas.

Lebih lanjut Heri menyebutkan kegiatan yang pertama kalinya ini merupakan kegiatan bagi sub Suku Dayak Bakati yang berada di Kab. Bengkayang. Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain Pawai Dayak Barape’ Sawa’, Kegiatan Ritual Adat Pentas Seni Budaya dan Penampilan Pencak Silat.

Sementara pada kesempatan pembukaan, Bupati Bengkayang mengatakan sangat bersyukur karena masyarakat Dayak dan Non Dayak di Kab. Bengkayang sangat antusias dalam mengikuti dan memeriahkan acara ini.

Barape Sawa merupakan kegiatan yang tidak ternilai harganya yang harus kita wariskan kegenerasi yang akan datang. Dia pun mengajak agar seluruh lapisan masyarakat agar terus melanjutkan kegiatan yang sudah baik ini dan harapan kedepannya lebih dikemas dan dapat menjadi lebih baik sehingga nilai yang adat dan budaya yang terkandung didalamnya tetap lestari.

“Seperti yang kita lihat yang hadir disini berasal dari berbagai suku diantaranya Jawa, Melayu dan sebagainya. Maksudnya antusias dan semangat seperti inilah yang harus kita jalin,” pungkasnya.

Email KRISANTUS : (1). rajaborneo@gmail.com (2). raja_borneo@yahoo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s