*Desa Wisata || Pemkab dan Pemkot Diminta Pro Aktif


UTUSAN RAKYAT, Kudus – Pemkab dan Pemkot diminta mendukung pengembangan desa wisata di daerah masing-masing. Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng Toto Riyanto mengatakan ada 125 desa masuk kategori desa wisata dan 250 desa sebagai rintisan desa wisata.

“Bantuan yang diberikan Pemprov Jateng bersifat stimulan dengan harapan pemda setempat juga ikut mendukung pengembangan desa wisata didaerahnya,” katanya seusai pertemuan Forum Komunikasi Desa Wisata se-Jateng di Puri Colo Kudus, Rabu (18/3/2015).

Kata dia anggaran untuk pengembangan desa wisata di Jateng pada 2015 memang terbatas. Dari total anggaran Rp500 juta, dana Rp200 juta di antaranya untuk pembinaan, sedangkan Rp300 juta untuk menggelar festival desa wisata.
Meski demikian, kata dia, dari Gubernur Jateng memang ada program bantuan untuk desa sebesar Rp100 juta per desa.

Menurut dia, sikap proaktif kabupaten/kota dalam mengembangkan desa wisata justru menguntungkan karena tujuan utama pengembangan desa wisata tidak hanya menarik minat kunjungan wisatawan, melainkan bertujuan pula mengurangi angka kemiskinan, pengangguran, dan terciptanya pemasukan bagi desa setempat.

“Harapan kami, pemerintah kabupaten/kota juga mendorong masyarakatnya untuk berperan aktif mengembangkan desa wisata, karena kunci berkembangnya desa wisata salah satunya karena peran aktif masyarakatnya sendiri, sedangkan pemerintah hanya fasilitator,” ujarnya.

Selama ini, objek wisata yang menjadi target kunjungan wisatawan masih terkonsentrasi di wilayah perkotaan, kini adanya desa wisata diharapkan di masing-masing daerah berkembang desa wisata dengan menonjolkan potensi khas desa masing-masing.
Dengan demikian, kata dia, akan terjadi pemerataan dalam hal kunjungan terhadap objek wisata.

Pada tahun ini, Pemprov Jateng menargetkan tingkat kunjungan wisatawan mancanegara 450.000 orang, sedangkan wisatawan nusantara sekitar 31 juta orang.
Tingkat kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Jateng selama 2014 tercatat 419.000 orang untuk wisatawan mancanegara dan 29,8 juta orang untuk wisatawan nusantara.

Source : Antara
Editor : Ema Sukarelawanto

Email KRISANTUS : (1). rajaborneo@gmail.com (2). raja_borneo@yahoo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s