Panwaslu Jauhi Diri Dari Politik Kepentingan


image

Bupati Bengkayang bersama para Camat

UTUSAN RAKYAT, Pontianak – Pilkada serentak di tujuh kabupaten di Kalbar tersisa beberapa bulan lagi, Desember 2015. Agar setiap tahapan yang dilaksanakan dapat berjalan sesuai dengan koridor yang berlaku, Bawaslu Propinsi Kalbar melantik 21 Panwaslu 7 Kabupaten tersebut. Pelantikan digelar 30 April 2015 di Graha Dewan Koperasi Indonesia Wilayah ( Depkopinwil).

“Anggota Panwaslu diminta agar mampu menempatkan diri dengan menjauhi dan menghindari konflik kepentingan, keberpihakan  dan mencegah terjadinya konflik,” ungkap Ketua Bawaslu Kalbar, Ruhermansyah, SH.

Selain itu, Dia menekankan kepada seluruh anggota Panwaslu Kabupaten untuk giat melakukan maping Indek Kerawanan Pemilu dan koordinasikan dengan aparat keamanan sudah tentu memiliki peta kerawanan konflik. Sebab berdasarkan pengalaman yang sebelumnya dan berdasarkan informasi terbaru intelijen; Libatkan masyarakat secara masif dalam partisipasi pengawasan pemilihan ini dan untuk kerjasama pengawasan, menjaga keamanan dan ketertiban.

“Jangan lengah dan lalai untuk melakukan pembinaan pada jajaran di bawahnya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI, Profesor Dr Muhammad, SIP, M.Si. saat menjadi narasumber kegiatan Bimbingan Tekhnis mengatakan bahwa Pilkada memiliki potensi konflik yang lebih besar dibanding Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden. Karena Pilkada melibatkan secara langsung tiga struktur kekuasaan yaitu kelompok elit, kelas menengah,dan masyarakat akar rumput. Semua kelompok tersebut akan bersinggungan untuk mencapai target dalam memenangkan Pilkada. Sehingga Pilkada ini menjadi tantangan besar bagi penyelenggara Pemilu.

Adapun tujuh daerah yang akan melaksanakan Pilkada 2015 ini adalah Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Melawi dan Kabupaten Sambas.

Email KRISANTUS : (1). rajaborneo@gmail.com (2). raja_borneo@yahoo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s