Nasib Guru Kontrak, Lima Bulan Ngajar Belum Gajian


image

Kontributor RRI Pontianak di Bengkayang

UTUSAN RAKYAT, Bengkayang – Memenuhi kebutuhan tenaga guru, beberapa waktu lalu, akhir 2014, Pemda Bengkayang melalui Dinas Pendidikan merekrut para sarjana pendidikan untuk diangkat sebagai guru kontrak.

Proses perekrutan berlangsung lancar, para guru yang berhasil mengikuti seleksi dan lulus kemudian ditempatkan sesuai dengan formasi yang ditentukan. Dengan penuh semangat, meski tanpa dibekali dana memadai tenaga-tenaga muda itu mendatangi tempat tugas mereka.

Namun sayang,
satu bulan, dua bulan hingga memasuki bulan kelima, semangat para guru itu mulai memudar. Penyebabnya, honor dari kontrak yang mereka jalani selama berbulan-bulan tak kunjung didapat.

“Judulnya guru kontrak, tapi biaya tiap bulan masih juga minta dirumah,” kata salah satu orang tua guru kontrak awal bulan Maret 2015 yang lalu di Bengkayang.

Walaupun tugas yang dijalani anaknya itu sebagai modal untuk menambah pengalaman kerja, tetapi orang tua guru kontrak ini menyayangkan kondisi tersebut karena dapat mengakibatkan menurunnya semangat kerja si anak.

Hal yang sama juga dikeluhkan salah seorang guru kontrak Pemda yang enggan namanya dipublikasikan. Dia membenarkan bila lima bulan setelah dikontrak Pemda, belum juga menerima honor.

“Bahkan tabungan yang ada sudah terbengkas,” keluh BI kepada penulis, Rabu (5/5).

Sementara itu, tugas yang dijalani semakin berat karena kebutuhan pihak sekolah terhadap tenaga guru kontrak juga cukup besar. Apalagi sekolah-sekolah yang notabenenya sulit dijangkau dengan biaya terbatas. BI sendiri walaupun sekolah tempatnya mengajar cukup dijangkau dalam waktu 20-an menit sudah merasa keteteran.

“Apalagi kawan-kawan yang ditempatkan didaerah yang jauh seperti Siding ataupun Suti Semarang,” tambahnya.

Atas kondisi ini, BI berniat mengumpulkan rekan-rekan sejawatnya dalam waktu dekat guna mencari solusi dari masalah yang mereka hadapi untuk segera disampaikan kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkayang.

“Karena semangat mengabdi kami masih cukup besar untuk itu kami membutuhkan dukungan dari Pemerintah Daerah,” pungkasnya.

Email KRISANTUS : (1). rajaborneo@gmail.com (2). raja_borneo@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s