Enaknya Jadi Transmigran, Digaji Rp.3.5 Juta Per Bulan


UTUSAN RAKYAT, Jakarta – Program penyebaran penduduk dari daerah yang padat ke daerah jarang penduduk melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi difokuskan pada wilayah pesisir dan perbatasan dimulai pada tahun ini.

“Sudah mulai, seperti di perbatasan di Kalimantan, di pulau berbasis maritim, makanya Indonesia sebagai negara maritim mendorong program transmigrasi,” ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Ja’far, dilansir dari Merdeka , Senin (27/4).

Ja’far menegaskan, masyarakat yang berada di wilayah padat penduduk, seperti Jawa bisa mengikuti program ini. Selain itu, pemerintah juga akan membangun wilayah yang menjadi tujuan transmigrasi.

“Misalnya mulai dari Tegal, Brebes ditempatkan di luar Jawa yang punya potensi laut, disana nanti bangun terumbu karang, bangun sekolah pelayaran disana. Minatnya banyak,” kata dia.

Disamping itu, masyarakat juga akan digaji, alias menerima tunjangan hidup yang nilainya mencapai Rp 3,5 juta per bulan. Hanya saja biaya itu diberikan selama 18 bulan. Meski demikian, Ja’far mengungkapkan jika anggaran yang tersedia untuk program tersebut masih kurang. Anggaran yang dialokasikan pemerintah hanya sebesar Rp 1,5 triliun untuk tahun 2015 ini.

“Dananya memang belum maksimal. Untuk tahun ini hanya sekitar Rp 1,3 triliun hingga Rp 1,5 triliun. Jadi masih jauh dari harapan, Kalau dalam 5 tahun diharapkan ada 4 juta orang dengan penyediaan 9 juta hektar tanah dan per bulan Rp 3,5 juta untuk berikan biaya hidup,” jelas dia.

Namun, politikus PKB ini menambahkan jika program ini tetap penting agar penyebaran penduduk merata di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga program pemerataan wilayah bisa sukses.

“Kita ingin bangun secara kreatif jadi daerah yang tumbuhkan desa mandiri baru. Karena sudah terbukti ada 13.000 hasil dari transmigrasi, 140 kabupaten hasil transmigrasi, dua provinsi hasil transmigrasi, yaitu Kalimantan Utara dan Sulawesi Barat,” pungkas dia.

#Setelah dapat tanah, rumah, sarana dan prasarana lainnya hingga mendapatkan gaji, apakah anda warga pribumi setuju dengan program ini?

Email KRISANTUS : (1). rajaborneo@gmail.com (2). raja_borneo@yahoo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s