Peringati Hari Buruh 2015, Rakor Tripartit


image

Rakor Tripartit

UTUSAN RAKYAT, Bengkayang – Memperingati hari Buruh sedunia (May Day) 2015 yang jatuh setiap 1 Mei di Kabupaten Bengkayang, Pemerintah, Pengusaha dan Serikat Buruh mengadakan Rapat Koordinasi Tripartit di Ruang Rapat Bupati, Kamis (30/4). Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja.

Dalam Rakor tersebut semua pihak masing-masing menyampaikan permasalahan yang dihadapi terkait ketenagakerjaan. Pihak pemerintah misalnya, salah satu permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya kerjasama yang diberikan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Bengkayang kepada pihaknya.

“Selama ini, perkembangan yang terjadi di perusahaan jarang dikoordinasikan dengan Dinas (Sosial dan Tenaga Kerja). Salah satunya terkait data tenaga kerja yang dimiliki,” kata Plt. Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Bengkayang, Yakobus. Dimana, hingga saat ini, perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Bengkayang kurang memiliki kesadaran untuk melaporkan data tenaga kerja mereka pada pemerintah.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bengkayang, Bernadus AR, agar investasi berjalan kondusif, regulasi yang dibuat pemerintah dapat memberikan keuntungan bagi semua pihak. Selain itu, Dia juga meminta agar kedepan, dapat disediakan sebuah tempat (Sekretariat) bagi lembaga Tripartit Bengkayang.

Sedangkan, perwakilan Buruh, menekankan agar pemerintah mampu memainkan peran sebagai mediator yang baik antara perusahaan dengan buruh. Sehingga setiap permasalahan yang menyeruak dapat diselesaikan tanpa mengganggu kegiatan usaha.

Facebook : Krisantus Roy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s