O2SN, Bukan Sekadar Rutinitas Tahunan


image

UTUSAN RAKYAT, Lumar – Wakil Bupati Bengkayang, Agustinus Naon, S.Sos, Kamis (16/4) didampingi Kepala Dibas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkayang, DR.Yan, membuka secara resmi ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Rayon 2 Bengkayang di Kompleks SDN 03 Lumar. Namun, sebelumnya kegiatan dimulai dengan dilakukannya long march dari Kantor Camat Lumar.

Dalam kesempatan tersebut, Agustinus Naon menekankan kepada seluruh pihak sekolah yang berada di Rayon 2 Bengkayang agar agar dapat memanfaatkan moment O2SN sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi dan minat olahraga kepada siswa/i sejak dini.

“Bukan sekadar rutinitas tahunan yang diikuti setiap sekolah. Lebih dari itu, O2SN diharapkan dapat mencari bakat-bakat baru dalam dunia olahraga,” tegasnya.

Karenanya, Dia meminta agar pihak sekolah sejak jauh-jauh hari selalu menyiapkan siswa/i mereka sebagai calon atlet dengan memaksimalkan peran guru olahraga yang dimiliki sekolah. Sehingga kedepan, dapat mencapai prestasi yang membanggakan.

Rayon 2 Bengkayang ini terdiri dari gabungan tiga Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdikbud, yakni UPT Ledo, UPT Lumar dan UPT Suti Semarang. Dimana, UPT Ledo terdiri dari 18 SD, 5 SMP, 1 SMA. UPT Lumar 9 SD, 1 SMP, 1 SMA. Sedangkan UPT Suti Semarang terdiri dari 10 SD, 2 SMP dan 1 SMA.

Secara keseluruhan Kabupaten Bengkayang memiliki enam sub rayon UPT Dinas pendidikan, yakni Rayon 1 (Bengkayang, Teriak, Sungai Betung), Rayon 2 (Ledo, Lumar, Suti Semarang), Rayon 3 (Samalantan, Monterado, Lembah Bawang), Rayon 4 (Sungai Raya, S.R Kepulauan, Capkala), Rayon 5 (Sanggau Ledo, Tujuh Belas) dan Rayon 6 (Seluas, Jagoi Babang, Siding).

Sementara dalam laporannya, Ketua Panitia O2SN, Kamiyadi, S.Pd, menyebutkan kegiatan O2SN diikuti seluruh perwakilan sekolah yang ada di tiga UPT Disdikbud yang tergabung di Rayon 2 Bengkayang. Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan diantaranya Atletik Kid, Tenis Meja, Catur, Badminton, Karate, Volley Ball.

Khusus untuk tingkat SD, Rayon 2 akan diwakili masing-masing UPT pada O2SN tingkat kabupaten mendatang. Dimana untuk cabang Atletik Kid diwakili UPT Lumar. Tenis Meja diwakili UPT Ledo, Catur dan Karate diwakili UPT Ledo.

“Dari hasil seleksi ini, pada tanggal 12 Mei 2015, seluruh perwakilan rayon akan dipertemukan dalam O2SN tingkat kabupaten,” terang Kepala UPT Disdikbud Lumar, Pius, S.Pd

Pius menjelaskan, penyelenggaraan O2SN tahun ini merupakan yang pertama semenjak berdirinya UPT yang dipimpinnya tersebut. Dia pun mengapresiasikan kinerja panitia yang berhasil menjalankan tugas dengan baik sehingga penyelenggaraan dapat berjalan lancar hingga selesai.

“Mengenai kekurangan-kekurangan yang ada, kita harapkan dapat menjadi bahan perbaikan dimasa mendatang,” jelasnya.

Menanggapi penyelenggaraan O2SN itu, Ketua KONI Kecamatan Lumar, Rudi Hartono yang turut hadir pada saat pembukaan, mengatakan ajang tersebut sejatinya sangat membantu pihaknya dalam pencarian atlet-atlet potensial daerah agar dapat disertakan dalam ajang-ajang olahraga yang lebih tinggi.

“Dengan keterbatasan yang dimiliki KONI Kecamatan, O2SN merupakan salah satu wadah bagi KONI untuk menemukan bakat-bakat muda dibidang olahraga,” ujar Pria yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kecamatan Lumar ini.

Sedangkan, Raymundus Roy, A.Ma.Pd, selaku Kepala Sekolah SDN 03 Lumar, merasa bersyukur karena telah dipercaya panitia O2SN sebagai tempat penyelenggaraan pembukaan maupun tempat pertandingan tingkat SD.

“Meskipun fasilitas olahraga yang dimiliki tak cukup untuk menyelenggarakan sebagian pertandingan tingkat SMA dan SMP,” akunya.

Disebutkannya, SDN 03 Lumar memiliki beberapa fasilitas olahraga yang layak dijadikan arena pertandingan, seperti lapangan Badminton, Tenis Meja, Catur, Atletik, Karate, Lapangan Sepakbola mini. Dia pun berharap agar dari ajang O2SN ini, kedepannya akan muncul atlet-atlet berprestasi yang dapat membanggakan daerah diajang yang lebih tinggi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s