Petani Kecamatan Lumar Dapat Bantuan 40 Ekor Sapi Bali


UTUSAN RAKYAT, Bengkayang – Upaya Pemda Bengkayang dalam meningkatkan produksi daging sapi ditunjukkan dengan pemberian bantuan ternak seperti kambing dan sapi bagi para petani. Salah satu bentuk pemberian bantuan ternak tersebut dilakukan Badan Penyuluh Pertanian dan Ketahanan Pangan Bengkayang bagi petani di Kecamatan Lumar.

“Tahun 2014 ini telah diserahkan 40 ekor Sapi Bali bagi petani di Kecamatan Lumar,” kata Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Lumar, Edi, Kamis (9/4) di Bengkayang.

Menurut Edi, bantuan itu diserahkan kepada Kelompok Tani yang ada di Desa Tiga Berkat, Belimbing dan Lamolda. Dengan rincian 19 Ekor bagi petani di Desa Tiga Berkat, 11 Belimbing dan 10 Lamolda. Lebih lanjut, Dia menyebutkan sapi yang diserahkan bagi petani tersebut rata-rata berusia delapan bulan dan dari 40 ekor sapi itu, tiga ekor diantaranya sapi jantan.

“Setelah 1 tahun 6 bulan hingga 2 tahun kedepan, sapi-sapi tersebut dapat bertambah, karena pada usia tersebut sapi sudah masuk dalam kategori dewasa kelamin,” jelasnya.

Apabila sapi-sapi yang dibagikan tersebut sudah menghasilkan bibit baru, maka akan dibagikan kepada petani lain. Sapi Bali memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, untuk satu ekor anak sapi bali berusia delapan bulan memiliki harga berkisar Rp.6-7 juta.

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s