Empat Kecamatan Dapat Bantuan Stimulan


image

Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot M.Pd menyerahkan Cinderamata kepada Duta Vatikan Untuk Indonesia

INSIDE of LUMAR, Sungai Betung – Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, M.Pd secara resmi melaunching acara Percepatan Pembangunan WC Rumah Tangga sekaligus mendeklarasikan stop Buang Air Besar Sembarang (BABS), Jumat (20/3) di Kecamatan Sungai Betung.

Berdasarkan laporan yang disampaikan Ketua Panitia Percepatan Pembangunan WC Rumah Tangga, Aleksius M.Si, bantuan Stimulan yang berjumlah 800 Juta diperuntukan empat Kecamatan. Diantaranya Kec. Sungai Betung, Kec. Bengkayang, Kec. Teriak dan Kec. Lumar.

“Bantuan yang diberikan berupa bahan dasar bangunan selanjutnya untuk biaya tukang dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat setempat,” jelas Aleksius.

Acara launching sekaligus deklarasi Stop BABS di dusun Sungai Raya Desa Cipta Karya, Dusun Sungai Betung, Dusun Kawan, Dusun Semunte Kecamatan Sungai Betung tersebut dirangkai dengan acara Festival masak Lemang yang mengikut-sertakan 45 RT dari 4 Desa se Kec. Sungai Betung.

Dalam Festival tersebut memperlombakan masakan kuliner khas suku Dayak diantaranya Lemang, tumpi, butokng, masak daging babi dalam bambu, lomba gasing dan mengayam.

Camat Sungai Betung H. Ucok, S.STP dalam laporannya mengatakan usia Kecamatan Sungai Betung 11 Tahun ini. Selanjutnya Ucok menyampaikan apresiasinya dan terima kasih atas bantuan dari Bupati Bengkayang sebesar 400 juta yang digunakan untuk membangun WC.

Manager Wahana Visi Indonesia mengharapkan dukungan dari masyarakat dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh aparat mulai dari dusun desa kecamatan dan kabupaten karena telah mendukung acara ini. Perlu diketahui, Indonesia saat ini termasuk dalam peringkat kedua terburuk di dunia.

Bupati berharap agar kegiatan yang baru dimulai tahun ini bisa dilaksanakan di 17 kecamatan di kab. Bengkayang pada tahun-tahun selanjutnya.

Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, M.Pd mengatakan kita berkumpul disini karena ada masalah yaitu masalah kemiskinan, dan perlu diketahui persoalan kemiskinan bukan hanya masalah tidak makan. Yang dimaksudkan kemiskinan adalah miskin pengetahuan. Harapannya dengan kegiatan seperti ini tidak ada lagi yang buang air sembarang.

Bupati juga mengapresiasi kepada Camat yang telah berani untuk medeklarasi Stop BABS. Dia merasa prihatin karena dari orde baru banyak kita lihat wc umum yang dibangun pemerintah. Tapi sampai sekarang masalah BABS ini masih saja belum terselesaikan.

Setelah memberikan sambutannya Bupati beserta rombongan meninjau satu per satu stand pameran peserta lomba masak lemang. Dalam kegiatan launching ini hadir pula Wakil Bupati Bengkayang, Asisten II, Wakil Ketua TP. PKK Kab. Bengkayang, Wakil Ketua I, II, Kepala Badan Perbatasan, Kepala Dinas Capil, Plt. Kadishubkominfo, Kepala Dinas Hutbun, Kaban Penanggulangan Bencana, Kasat Pol PP, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan, Kepala Kantor Kesbangpolinmas, sejumlah Camat, Danramil Sungai Betung, tokoh adat dan masyarakat setempat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s