*Tentang Desa Wisata. Dusun Madi Punya Potensi


INSIDE of LUMAR, Madi – Desa wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli.

Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata. Di luar faktor-faktor tersebut, alam dan lingkungan yang masih asli dan terjaga merupakan salah satu faktor terpenting dari sebuah kawasan tujuan wisata.

Selain berbagai keunikan, kawasan desa wisata juga harus memiliki berbagai fasilitas untuk menunjangnya sebagai kawasan tujuan wisata.

Berbagai fasilitas ini akan memudahkan para pengunjung desa wisata dalam melakukan kegiatan wisata. Fasilitas-fasilitas yang sebaiknya dimiliki oleh kawasan desa wisata antara lain adalah sarana transportasi, telekomunikasi, kesehatan, dan juga akomodasi. Khusus untuk sarana akomodasi, desa wisata menyediakan sarana penginapan berupa pondok-pondok wisata (home stay) sehingga para pengunjung pun turut merasakan suasana pedesaan yang masih asli.

Terkait penjelasan diatas, Dusun Madi, Desa Tiga Berkat, Kecamatan Lumar memiliki beberapa kategori yang menjadi potensi pengembangan sebagai desa wisata.

Letak perkampungan yang berada dikaki Gunung dengan kondisi alam yang masih asri merupakan salah satunya. Sementara lokasi lahan persawahan yang mengelilingi perkampungan dan aliran air dari anak Sungai Ledo adalah faktor penunjang lainnya. Bagi para penjelajah hutan, Dusun Madi menawarkan tempat yang tepat.

Sebagian besar masyarakat Dusun Madi mengandalkan pertanian sebagai mata pencaharian utama. Tentu dengan pengembangan potensi yang dimiliki tersebut, harapannya dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan ekonomi warga setempat.

Agar dapat menjadi Desa Wisata, masyarakat setempat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Membangun Kesadaran Wisata menjadi Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai langkah awal.

Hingga saat ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s