Tersangka Pembunuh Blogger Ditangkap


INSIDE of LUMAR, Jakarta – Unit antiterorisme Bangladesh menangkap tersangka Farabi Shafiur Rahman di sebuah perhentian bus di Dhaka, Bangladesh.

Tahun lalu ia menulis di laman Facebook-nya bahwa merupakan kewajiban Muslim Bangladesh untuk membunuh Avijit Roy, penulis blog asal Amerika keturunan Bangladesh yang mempromosikan pandangan sekuler di negeri itu.

Menurut juru bicara unit antiterorisme, Rapid Action Batallion (RAB), Shafiur Rahman sudah mengakui ia memang mengancam untuk membunuh Roy.

Hingga kini Rahman masih diinterogasi. Rahman sendiri pernah dipenjara karena tulisan di laman Facebook-nya yang mendukung pembunuhan terhadap blogger lain, Ahmed Rajib Heider. Ia dibebaskan dengan uang jaminan.

Rahman disangka membunuh Avijit Roy, penulis Amerika Serikat keturunan Bangladesh ketika ia sedang mengunjungi sebuah pameran buku di Dhaka bersama istrinya, Rafida Ahmad, yang juga seorang penulis blog. Roy dibacok dengan parang sehingga tewas , sementara istrinya yang juga diserang, masih dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Sejak tahun 2013, kelompok militan di Bangladesh mengincar beberapa penulis blog ‘sekuler’ yang berkampanye untuk menuntut agar para pemimpin kelompok radikal dijatuhi hukuman berat karena keterlibatan mereka dalam kejahatan perang pada masa Kemerdekaan Bangladesh.

Banyaknya insiden ini menyebabkan kelompok pengamat media Reporters Without Borders tahun lalu menempatkan Bangladesh pada urutan 146 dari 180 negara dalam peringkat kebebasan pers. (nwk/nwk).

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s