Pedagang Jangan Abaikan Kebersihan


INSIDE of LUMAR – Aroma tak sedap yang berasal dari lingkungan Pasar Teratai Bengkayang dirasakan sangat mengganggu para konsumen yang hendak berbelanja. Kebersihan menjadi penyebab.

“Pedagang jangan hanya ingin untung saja. Sementara masalah.kebersihan diabaikan,” kata salah seorang konsumen, Yanti, Sabtu (2/1) di Bengkayang.

Menurutnya, kondisi kebersihan dilingkungan Pasar Teratai mulai diabaikan para pedagang dengan membuang sampah sembarangan maupun menumpukkan banyak jenis sampah pada satu tempat sehingga berbagai aroma tak sedappun melintasi indera penciuman. Yanti yang biasanya berbelanja tiga sampai empat kali dalam seminggu dipasar tersebut mengaku tak tahan bila harus berlama-lama menyusuri pasar.

“Ditambah lagi jarak antar lapak yang sempit,” akunya.

Sama halnya, kondisi yang dialami Yanti juga dialami konsumen lain, yakni Desi. Ibu rumah tangga itu awalnya senang dengan keberadaan Pasar Teratai yang berada di Jalan Jeranding AR tersebut karena berada ditengah kota sehingga jangkauannya lebih cepat.

“Sekarang kondisinya semakin sumpek,” ungkap Desi.

Ia menyarankan agar para pedagang dapat menumbuhkan kesadaran terhadap kebersihan Pasar Teratai dalam diri mereka sehingga memberikan kenyamanan bagi konsumen yang hendak berbelanja. Sedangkan bagi petugas kebersihan diharapkan agar dapat bekerja semaksimal mungkin dalam menangani kebersihan disekitar lingkungan.tersebut.

Menanggapi keluhan konsumen, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindagkop dan UMKM Bengkayang, Sigit, mengatakan apabila masalah ini lebih disebabkan kurangnya kesadaran para pedagang dalam mengelola sampah maupun limbah yang mereka hasilkan sendiri. Padahal, aroma tak sedap itu menurutnya akan memberikan dampak bagi pendapatan maupun kesehatan para pedagang. Ia pun berharap agar pemberitaan di media ini dapat membantu para pedagang dalam menciptakan kondisi kebersihan dilingkungan pasar.

“Jika kondisi kebersihan semakin memburuk, yang dikhawatirkan ialah komplein dari warga yang tinggal dan berusaha disekitar Pasar Teratai,” jelasnya.

Pasar Teratai Bengkayang sebelumnya berada dibelakang eks Terminal Bis Bengkayang. Namun karena saat ini sedang dilakukan pemugaran, para pedagang dipindahkan sementara pada lahan kosong di Jalan Jeranding AR sejak Oktober 2014 lalu.

3 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s