Wisata Alam Bendungan Madi Belum Dilirik


image

Wisata Bendungan Madi

INSIDE of LUMAR, Madi – Usai merayakan tahun baru, setiap tanggal 2 Januari menjadi puncak kunjungan wisatawan lokal di Bendungan Madi, Desa Tiga Berkat, Kecamatan Lumar. Ribuan orang pasti datang berlibur dilokasi Bendungan guna menikmati wisata alam disekitarnya. Kondisi alam dibawah kaki anak Gunung Bawang yang masih asri menjadi daya tarik. Ditambah lagi air Sungai berbatu yang jernih menjadi pesona tersendiri bagi penikmatnya.

“Sejak beberapa tahun terakhir, Bendungan Madi dan alam sekitarnya selalu ramai dikunjungi. Bahkan pada hari-hari biasa puluhan bahkan terkadang ratusan wisatawan menikmati pesona alamnya,” ungkap Kepala Desa Tiga Berkat, Alan, Selasa (30/12) dikediamannya.

Meski demikian, hingga saat ini pengelolaan objek wisata Bendungan Madi belum ditata dengan baik sehingga belum ada pihak yang melirik potensi tersebut untuk dikembangkan.

Kepala Desa yang menjabat selama dua periode ini menyebutkan, selain potensi pemandangan alam dan keindahan sungai, diatas Bendungan Madi memiliki potensi wisata lain seperti Hacking (pendakian) dan perkemahan.

“Selama ini potensi alam yang ada belum memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat setempat,” ujarnya.

Anto, warga dusun Madi mengatakan potensi wisata alam yang dimiliki daerahnya akan bermanfaat besar bila dikelola dengan baik. Ia berpendapat jika bertujuan baik bagi pengembangan wisata masyarakat pasti akan mendukung terhadap investasi yang datang.

“Asalkan berdampak positif bagi masyarakat dan kelestarian lingkungan tetap terjaga,” pintanya.

Ia berharap agar Pemda Bengkayang lebih aktif dalam menggali potensi wisata yang ada di Bengkayang untuk dikembangkan seperti yang terdapat di Dusun Madi. Pelatihan bagi masyarakat terhadap pentingnya objek wisata dan pengelolaannya menjadi poin penting yang perlu diperhatikan guna mendukung pengembangan potensi wisata.

“Mempromosikan hingga menarik calon investor menjadi langkah selanjutnya,” tutup Anto.

2 Comments

  1. Saya mendukung agar wisata bendungan madi menjadi obyek wisata yg besar dan luas,mengingat disekitarnya bs dkembangkan,yg otomatis akan menabah pendaptan daerah setempat, serta ekonomi masyarakat bertbh.sy pernah mandi n bermain disn dgn salah stu keluarga di sebol n lumar,memang sangat berpotensi sangat besar krn msh alami blm ada campur tangan manusia.sy punya keluarga besar dsebol n lumar,om ao(paulus),om yacob,om yohanes,dan smua kel.bsr mama yaitu kakek johan serta nenek dedel alm.sy sngt optimis bs spti obyek2 wisata dijawa,smoga pemerintah dan investor tergerak hatinya amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s