10 Ribu Umat Diperkirakan Ikuti Misa Natal


image

Gereja Santo Pius X Bengkayang

INSIDE of LUMAR, Bengkayang – Berbagai persiapan terus dilakukan Panitia Natal Paroki Santo Pius X Bengkayang. Pembuatan replika kandang natal, pengecekan instalasi listrik, sound system, pemangkasan tanaman diantara kesibukan yang terlihat ketika SP mendatangi area Paroki. Ketua Panitia, Martono, Sekretaris Dewan Paroki, Elias Jamil juga terlihat berada dilokasi, memantau sekaligus membantu pekerjaan yang ada.

Persiapan yang dilakukan semaksimal mungkin oleh Panitia itu guna memberikan kenyamanan dan kekhusukan umat yang akan mengikuti misa pada malam Natal (24/12) dan hari Natal keesokan hari. Ribuan umat diperkirakan bakal mengikuti misa di gereja.

“Berkaca dari tahun sebelumnya, kurang lebih 10 ribu umat akan hadir misa di Gereja Paroki,” ujar Pastor Paroki Santo Pius X, Pastor Hermes Abet, Pr., Senin (22/12) diruang Sekretariat.

Ribuan umat tersebut terhitung mulai misa pada malam Natal yang diselenggarakan selama dua kali dan misa hari Natal sebanyak tiga kali.

Berdasarkan jadwal yang disampaikan Ketua Panitia, misa malam Natal digelar pukul 17.30 dan 20.30 WIB. Sedangkan pada hari Natal, pukul 06.30 WIB, 09.30 WIB serta 17.30 WIB.

“Agar keamanan selama perayaan tetap terjaga, panitia sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan. Baik Kepolisian maupun TNI,” sebut Martono.

Ia juga menyebutkan, selain misa. Kegiatan lain juga dilakukan dalam menyambut hari raya. Seperti bhakti sosial, pengobatan gratis dan penyerahan bantuan Sembako.

“Mulai Nopember lalu digelar. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 3 Januari,” jelasnya.

Sementara itu pada hari yang sama, Majelis Pertimbangan Pusat Gereja Perhimpunan Injili Baptis Indonesia (PIBI), Pdt. Martin Luther, mengatakan Agenda perayaan Natal yang digelar pengurus Gereja PIBI mulai dari tingkat Pusat, Daerah hingga Sektor ialah dengan melakukan pelayanan ke berbagai wilayah yang sudah ditentukan masing-masing pengurus sekaligus merayakan Natal bersama ditempat pelayanan.

“Salah satu agenda yang akan dilakukan oleh pengurus pusat ialah dengan mengadakan pelayanan di daerah Belitang, Kabupaten Sekadau mulai 23-27 Desember,” sebut Pdt. Martin.

Sementara untuk pengurus daerah, yang sudah dilaksanakan diantaranya pelayanan dibeberapa wilayah yang ada di Kecamatan Suti Semarang (Beringin, Abah, Kelayu) dan Siding (Sebujit, Sungkung, Siding). Sedangkan pengurus Sektor melakukan pelayanan terhadap Gereja-gereja yang ada di Sektornya. Pengurus Sektor merupakan pengurus yang berada dilingkup Kecamatan atau gabungan Kecamatan.

Meski pada tahun-tahun sebelumnya perayaan Natal yang diselenggarakan Gereja PIBI berlangsung aman, namun Pdt. Martin tetap meminta agar aparat keamanan tetap mengawasi proses perayaan agar dapat berjalan lancar.

“Untuk mengantisipasi munculnya gangguan keamanan,” ucapnya.

Terkait perayaan Natal, Kapolres Bengkayang, AKBP Vendra Riviyanto, mengatakan pihaknya akan menurunkan sebanyak 150 personil serta pengerahan seluruh anggota Polsek.

“Pengamanan ini melekat dalam Operasi Lilin. Rumah ibadah merupakan salah satu titik pengamanan yang dimaksud,” tegasnya. Meski personil ikut dalam pengamanan, Vendra tetap mengingatkan agar masyarakat tetap mewaspadai kemungkinan munculnya tindak kejahatan.

Sedangkan, sebagai upaya mendekatkan diri dengan masyarakat, Bupati Bengkayang, serta Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah secara khusus mengundang masyarakat untuk datang ke kediamannya pada tanggal 25, 27 dan 28 Desember.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s