Proyek Pembangunan Harus Sesuai Musrenbang 


YAHUDA

YAHUDA

INSIDE of LUMAR, Bengkayang – Ketua Fraksi Partai Hanura DPRD Kabupaten Bengkayang, Yahuda, mengatakan apabila rencana pembangunan yang direalisasikan mesti mengacu pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang diajukan seauai tingkatannya.

“Acuan pembangunan kita mesti sesuai dengan hasil Musrenbang yang disetujui, mulai dari tingkat desa hingga nasional,” kata Yahuda, Rabu (17/12) di Bengkayang.

Oleh karena itu,.Yahuda pun meminta agar masyarakat dalam.proses pengajuan usulan pembangunan didaerahnya dapat memperhatikan skala prioritas yang menjadi kebutuhan utama mereka.

“Anggota Dewan tidak bisa sembarangan mengajukan usulan jika tanpa usulan masyarakat,” jelas Politikus Dapil IV Bengkayang ini.

Menurutnya, usulan yang diajukan masyarakat melalui Musrenbang menjadi acuan. Sementara Anggota Dewan sifatnya memperjuangkan usulan tersebut agar bisa realisasikan.

“Berbahaya jika proyek pembangunan tidak mengacu pada Musrenbang. Aparat hukum.siap mengincar,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Camat Bengkayang, Yustinus K., mengakui apabila proyek pembangunan yang masuk diwilayahnya sudah sesuai dengan usulan masyarakat melalyi Musrenbang.

“Contoh nyatanya adalah usulan pembangunan ruas jalan Sentagi-Sebalo,” terangnya. Usulan itu muncul dari masyarakat Kecamatan Bengkayang yang disandingkan dengan hasil Musrenbang Kecamatan Suti Semarang. Mantan Kasat Pol PP Bengkayang ini juga menyebutkan apabila, hampir 60 persen proyek pembangunan di Kecamatan Bengkayang merupakan hasil Musrenbang.

“Sisanya, 40 persen itu disesuaikan dengan kemampuan daerah dalam merealisasikan usulan tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Bonipasius, salah seorang warga, mengaku sejauh ini dirinya tidak mengetahui secara pasti bagaimana proses pembangunan bisa muncul disuatu daerah.

“Tahunya, keluhan masyarakat harus diperhatikan pemerintah. Apalagi jika keluhan yang disampaikan sangat genting,” akunya.

Mengetahui hal itu, Ia pun mengharapkan kepada masyarakat agar dapat memperhatikan proses tersebut dan melihat alur pengajuan agar bisa dimasukkan dalam Musrenbang.

“Utamakan skala prioritas, karena tidak semua usulan yang disampaikan dapat disetujui,” pintanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s