Ambay : “Rp.6000 Sekilo,”


Ambay

Ambay

INSIDE of LUMAR ~~ Dengan hati-hati dipikulnya dua keping karet beku diatas bahu. Satu dibagian belakang dan dimasukkan dalam ember. Sementara satu keping lagi diletakkan langsung diatas kayu.

Sabtu (29/11), Sekitar pukul 15.30 WIB, Ambay Warga Sentibak, Kecamatan Teriak, Kabupaten Bengkayang baru saja pulang dari kebun karetnya. Baju dibadan dibiarkan basah, maklum tak berselang lama hujan baru saja reda. Sementara kaki dibiarkan tanpa alas. Jika dilihat dari perawakannya, Ambay ini berusia kira-kira 49-53 tahun.

Ketika dihampiri, Ia mengaku hasil dua keping karet beku yang dipikulnya itu memiliki berat sekitar 20-an Kg. Lumayan beban pikulannya karena karet seberat itu dipikul dari jarak 3 Km hingga rumah.

Karet tersebut sengaja dipikul karena akan dijual kepada pembeli setempat yang biasa membeli karet olahannya saban hari.

“6000 (Rupiah) Sekilo,” ungkap Ambay.

Berarti jika berat karet 20 Kg tadi dikalikan Rp.6000, Ambay akan mendapatkan Rp.120 ribu dari dua hari kerjanya dikebun karet. Atau perharinya Ia menghasilkan Rp.60 ribu dari karet.

Harga itu menurutnya sangat rendah. Tak sebanding dengan harga-harga terdahulu yang sanggup mencapai Rp.20-an ribu per Kg. Dan semakin tak sebanding dengan kondisi harga kebutuhan pokok yang kian melonjak.

Ambay merupakan satu diantara 2 juta petani karet yang menjadi korban dari ketidakberdayaan pemerintah dalam mengatur regulasi perdagangan karet dunia. Meskipun saat ini Indonesia menjadi produsen kedua terbesar dunia penghasil karet.

Dimana penetapan harga ekspor karet dunia masih tergantung dari beberapa negara yang notabenenya berada dibawah Indonesia, seperti Malaysia, Vietnam, Tiongkok.

#korban

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s