Sedikit Cerita Menarik Seputar Seleksi CPNS Bengkayang 2014


Peserta Seleksi CPNS Bengkayang 2014

Peserta Seleksi CPNS Bengkayang 2014

INSIDE of LUMAR — Penyelenggaraan Seleksi Penerimaan CPNS Kabupaten Bengkayang 2014 usai sudah hari ini, Rabu (26/11) dengan berakhirnya waktu pada sesi ke-6. Semua peserta langsung mengetahui skor masing-masing. Ada yang sedih, ada juga yang bergembira. Akan tetapi masih ada juga sekelompok peserta yang masih tetap berdebar-debar menunggu waktu pengumuman resmi. Ini karena perolehan nilai peserta berada pada posisi yang lumayan rawan untuk “ditimpa” oleh peserta lain. Apapun itu, semua proses sudah dijalani dan hasil sedikit banyak sudah diketahui.

Sekarang, Saya coba ceritakan sedikit pengalaman menarik para peserta seleksi sejak hari pertama hingga terakhir. Mungkin sebagian besar mengetahui bahwa jumlah keseluruhan peserta seleksi CPNS Bengkayang adalah 1.828 orang. Namun, tidak semua peserta mengikutinya. Ini terlihat dari daftar peserta yang tampak dari setiap sesi ujian. Dimana tidak semua perangkat komputer yang tersedia diisi oleh peserta (70). Alasan paling dominan karena peserta tidak membawa KTP, terlambat, tak mengetahui jadwal.

#LUPA IDENTITAS DIRI

Registrasi….!! Oleh Panitia, Peserta diwajibkan untuk menunjuk identitas diri berupa KTP dan Kartu Ujian untuk registrasi sebelum memasuki ruang ujian. Kewajiban ini sudah jauh-jauh hari sebelumnya diumumkan. Dasar manusia ini makhluk yang tak sempurna, dari 1.828 ini ternyata ada juga yang terjerat. Ada yang akhirnya tidak bisa mengikuti ujian karena tak mungkin lagi kembali kerumah. Tapi ada juga yang terpaksa harus bergegas pulang (kebetulan rumahnya dekat) untuk mengambil identitas diri (KTP) dan beruntung masih ada 5 menit lagi waktu yang tersisa bagi peserta tersebut.

Ada lagi nih… yang bisa lupa dengan diri sendiri… eh identitas diri berupa KTP. Diwajibkan bawa KTP asli tapi yang bersangkutan malah bawa membawa KTP Fotocopy. Mau pulang tak mungkin, jauh tempat asal peserta yang satu ni, dari Kecamatan perbatasan. Kalau peserta yang satu ini, Saya tak dapat info, apakah diperbolehkan atau tidak mengikuti ujian oleh Panitia dari Pusat (BKN/Men PAN).

#TERLAMBAT

Ada cerita dari pelaksanaan seleksi hari Selasa (25/11) kemarin, Peserta pada Sesi ke-3. Peserta ini datang sebelum waktu ujian digelar bahkan masih ada tersisa sekitar 30 menit lagi untuk melakukan registrasi maupun mempelajari tata cara ujian (simulasi). Dasar manusia ini makhluk yang tak sempurna, sisa waktu 30 menit itu digunakannya untuk mengobrol, memainkan HP hingga lupa dengan registrasi.
#Pan : “Ikut ujian sesi yang keberapa dek…?”
#Pes : “Sesi ketiga… bang,”
#Pan : “Sudah registrasikah…,”
#Pes : “Belum bang…,” jawabnya.
#Pan : “Sekarang sudah jam berapa, coba lihat teman-temanmu yang ikut sesi ke-3, masih ada nda disitu (tempat simulasi),”
#Pes : “Jam 11 kurang 5 menit,”

Rupanya Peserta ini menganggap bila panitia dari BKN/Men PAN & RB berpatokan dengan jam yang ada di handphone dan jam tangannya. Sudah diingatkan seperti itu, bukannya bergegas, peserta yang satu ini masih saja berjalan dengan lengok sana, lengok sini. Baru mau registrasi. Turun ketempat ujian pun demikian, masih saja berlengak-lengok. Alhasil, peserta ini kembali berlengak-lengok naik keatas, nda bisa ikut ujian. Peserta didalam sudah 5 menit mulai.

#SALAH JADWAL

Sarjana jarang Internet atau tak update dengan informasi…Apalagi untuk kepentingan pribadi??? Kan lucu. Jadwal ujian seleksi CPNS Bengkayang ini sudah sejak jauh hari diumumkan, melalui internet, media massa, media sosial hingga mulut ke mulut. Tapi dasar manusia makhluk yang tak sempurna, dari 1.828 peserta masih ada juga yang tak tahu jadwal dirinya mengikuti ujian.

#Pan : “Kau kapan tes..?,”
#Pes 1 : “Adoohh bang… rupanya jadwal Saya tes kemarin,” sambil cek pengumuman.
#Pan : “Daa…aahh pulang jaklah kalau kayak gitu,”.
#Pes 1 : “…….!!?*$*@#Y’

Next….

#Pan : “Ikut ujian sesi yang keberapa..?,”
#Pes 2 : “Sesi yang ke-4 bang…,” dijawab tanpa beban.
#Pan : “Kenapa baru datang, sebentar lagi sesi ke-6 dimulai…,”
#Pes 2 : ….(@#$(%,,,(#%&

Next….

Ini Aplikasi jarang di update nampaknya atau memang karena sudah lama tinggal didalam Goa. Informasi jadwal test saja tak tahu, kan aneh. Bagaimana nda aneh…. jadwal ujian Peserta ini hari Minggu, tanggal 23 Nopember. Tapi yang bersangkutan baru datang hari terakhir ujian, hari Rabu 26 Nopember. Hehe….

#PIYAMA

Mentang-mentang tempat ujian diruang ber-AC, Adapula peserta yang mau ikut seleksi menggunakan pakaian seperti pakaian tidur (Piyama). Dasar manusia ini makhluk yang sempurna, diwajibkan berpakaian rapi, masih juga tak paham-paham. Piyama, rapi sih rapi, tapi tempatnya bukan disitu neng…. hehe.
SEMENTARA ITU…TIU menjadi momok sebagian besar peserta. Termasuk Adikku, Maria Rosarini. Nilai TWK 95, TKP 156, TIU 70. TIU nya kurang 5 point/-1 soal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s