Kwarran 06 Seluas Gelar Jambore Perdana


Jambore Pramuka Ranting 06 Seluas

Jambore Pramuka Ranting 06 Seluas

INSIDE of LUMAR, SELUAS — Ratusan siswa tampak berbaris rapi di halaman SMPN 5 Seluas, lengkap dengan seragam Pramuka. Sementara dihadapan mereka, Sekretaris Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Drs. Pinus Samsuddin, M.Si sedang menyampaikan sambutan Bupati Bengkayang pada pembukaan kegiatan Jambore Ranting 06 Kecamatan Seluas. Ini merupakan Jambore perdana yang dilaksanakan Kwartir tersebut. (Lihat : Istilah-Istilah Dalam Pramuka)

Berdasarkan data yang dipaparkan panitia, peserta Jambore Ranting Seluas I ini diikuti oleh seluruh SD dan SMP yang ada di Kecamatan Seluas dengan rincian 14 SD (dari 20 SD) dan 8 SMP. Sementara peserta dari SMAN 1 Seluas dan SMAN 1 Sanggau Ledo merupakan undangan bertindak sebagai Panitia Sangga.

“Masing-masing sekolah mengirim dua regu (putra dan putri) sebanyak 20 orang ditambah guru pendamping sehingga peserta yang hadir kurang lebih 700-an,” demikian ungkap Ketua Panitia Jambore, Suwardi, M.Pd kepada wartawan, Jumat (21/11) usai pembukaan. Suwardi yang juga Kepala Sekolah SMPN 5 Seluas ini menyebutkan apabila Jambore sejatinya sudah dimulai sehari sebelumnya, yakni pada Kamis (20/11) namun secara resmi baru dibuka hari ini (Jumat) dan akan berakhir pada Minggu (23/11). Lebih lanjut, Ia juga mengatakan, Jambore ini akan diisi dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membangun karakter siswa. Diantaranya perlombaan Pasukan Baris-Berbaris (PBB), Cerdas Cermat, Pidato, Pentas Seni, Tenda Terbaik serta Lintas Alam.

“Khusus Lintas Alam ini, nantinya para siswa akan diajak untuk menjelajahi beberapa titik kawasan wisata Riam Berawatn dan Hutan Adat Gunung Pangajit,” terangnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Mantar, M.Pd selaku Ketua Kwatir Ranting 06 Seluas, memberikan apresiasi atas kinerja panitia dan semua pihak yang telah mendukung Jambore perdana yang dilaksanakan saat ini. Disamping itu, Mantar menyebutkan Jambore ini sekaligus sebagai momen penetapan Bumi Perkemahan di kawasan Wisata Riam Berawatn dan Hutan Adat Gunung Pangajit, Dusun Melayang, Desa Sahan. Secara singkat, Mantar juga menjelaskan kegiatan Pramuka merupakan salah satu ekstrakulikuler yang wajib dilaksanakan oleh pihak sekolah dan diatur dalam kurikulum 2013. Dalam kurikulum tersebut, Pramuka menjadi salah satu mata pelajaran tambahan yang dapat menentukan kelulusan siswa.

Ketua Panitia Jambore, Suwardi, M.Pd (tengah)

Ketua Panitia Jambore, Suwardi, M.Pd (tengah)

“Dalam kurikulum 2013, jika mata pelajaran Pramuka tidak tuntas, praktis siswa tidak bisa dinyatakan lulus,” tegasnya.

Sedangkan dalam sambutannya, Sekretaris Mabicab Bengkayang, Drs. Pinus Samsudin, M.Si mengatakan, kegiatan Jambore merupakan kegiatan positif dalam rangka membangun karakter. Kita ketahui bersama bahwa kemajuan teknelogi informasi banyak hal yang dapat ditimbulkan, baik positif maupun negatif. Pramuka merupakan salah satu upaya yang bertujuan untuk mendidik anak-anak kita agar bisa menjadi generasi yang disiplin, berkarakter, jujur, memiliki kepedulian baik terhadap lingkungan sekitar maupun lingkungan alamnya. Sehingga ini menjadikan dasar bagi mereka dalam meningkatkan keterampilan yang miliki.

Turut hadir perwakilan dari Dinas Pendidikan Bengkayang, Viktor Terang, Anggota DPRD Bengkayang dari Fraksi Gerindra, yakni Fransiskus, M.Pd dan Selvinus Adinus, Anggota Fraksi Demokrat, Egarius serta Pasukan Lintas Batas (LIBAS) Segorong, Sersan Mayor Malik Dua guna membantu pengamanan lokasi. Ini Daftar 30 Anggota DPRD Bengkayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s