Mahasiswa Beasiswa Harus Tahu Diri


BENGKAYANG – Mahasiswa yang telah dibiayai oleh Pemda Bengkayang semestinya memiliki kesadaran yang tinggi untuk mengabdi bagi daerah ini ketika telah menyelesaikan studi. Artinya mereka harus tahu diri tentang keberadaan mereka yang telah diberdayakan oleh pemerintah melalui uang rakyat. Bayangkan saja, uang rakyat yang diperuntukkan bagi mahasiswa beasiswa itu lebih besar nilainya dari Guru Kontrak yang baru-baru ini direkrut yang dikontrak dengan nilai
Rp.1.050.000,-/bulan.

Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot, M.Pd mempertegas hal tersebut dengan mengarahkan SKPD terkait agar dapat memberikan tindakan tegas apabila didapati ada lulusan yang tidak mengabdi bagi daerah. Salah satu tindakan yang dimaksud ialah dengan menarik ijasah lulusan tersebut. Bila perlu, dengan mendatangi langsung rumah dan ambil ijasahnya.

“Sudah keterlaluan dan melanggar perjanjian,” tegas Suryadman Gidot, baru-baru ini di Bengkayang.

Selain merugikan keuangan daerah, tindakan seperti itu, menurutnya dapat menimbulkan negatif bagi masyarakat, sehingga upaya baik yang dilakukan Pemerintah tidak memberikan manfaat.

“Hal ini agar tidak menjadi preseden buruk dikemudian terhadap pemerintah,” tambah Ketua DPD I Demokrat Kalbar ini.

Seperti diketahui, sejak beberapa tahun belakangan ini, Pemda Bengkayang telah mengirim ratusan mahasiswa diberbagai perguruan tinggi, baik di Kalbar maupun diluar Kalbar. Bahkan pada tahun 2013 lalu, Pemda Bengkayang juga telah memberikan beasiswa bagi 24 orang mahasiswa guna dididik sebagai guru pada Sekolah Luar Biasa (SLB) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

“Sejauh ini sudah terdata sebanyak 170 lulusan mahasiswa yang dibiayai Pemda (Dinas Pendidikan Bengkayang),” sebut Kadis Pendidikan, DR. Yan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s