Bupati Serahkan SK Guru Kontrak Secara Simbolis


Guru Kontrak

Guru Kontrak

Suara Borneo Merdeka, BENGKAYANG – “Mulai Senin (10/11) ini semua guru yang dinyatakan lulus dan sudah mendapatkan SK sudah harus berada di Sekolah-sekolah sesuai penempatan dan mulai melaksanakan tugas,” celutuk salah seorang tenaga pendidik yang dinyatakan lulus, Benediktus Iwan, S.Pd, Jumat (7/11) Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang.

Lajang yang dinyatakan lulus sebagai Guru Kontrak di SMAN 1 Lumar sebagai Guru Bidang Studi Penjaskes ini pada hari tersebut dikumpulkan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang bersama 200-an guru lainnya untuk menerima Surat Keputusan (SK) Pengangkatan sebagai guru kontrak yang dicanangkan oleh Pemda Bengkayang melalui Dinas Pendidikan.

Istimewanya, penyerahan SK Guru Kontrak itu diserahkan langsung oleh Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot, M.Pd secara simbolis. Dan disaksikan langsung oleh Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang, DR. Yan serta sejumlah Kepala UPT Dinas Pendidikan.

Disamping menyerahkan SK, pada kesempatan itu juga, Bupati Bengkayang turut memberikan motivasi dan pengarahan kepada para tenaga pendidik terutama terkait dengan tanggungjawab mereka untuk berperan serta dalam mencerdaskan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Bengkayang. Menurutnya, keberadaan Guru Kontrak ini juga sangat membantu dalam mengatasi kekurangan-kekurangan guru, terutama didaerah-daerah terisolir oleh karena itu para guru diharapkan dapat mengabdi dengan baik dan mampu mengembangkan kapasitas diri ditengah masyarakat tempat bertugas.
Sementara, salah seorang Guru Kontrak, Maurisius Septemedi, A.Md, yang dinyatakan lulus sebagai tenaga pendidik di SMPN 1 Siding, menyatakan siap untuk menjalankan tugas meski dengan berbagai konsekuensi yang ada. Guru Kontrak, Bukan Jaminan Sebagai CPNS.

“Disana nanti Saya akan menetap dalam jangka waktu tertentu sebagai salah satu cara untuk mengurangi beban pengeluaran (transportasi),” terangnya. Kecamatan Siding merupakan salah satu daerah di Kabupaten Bengkayang yang dikategorikan masih terisolir meskipun berbatasan langsung dengan Negara tetangga, Malaysia. Terbatasnya infrastruktur menyebabkan biaya hidup didaerah tersebut cukup tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s