Warga Ancam Bocorkan Pipa Utama PDAM


SUARA BORNEO MERDEKA, Bengkayang – Lima tahun terakhir, warga Desa Tiga Berkat, Kecamatan Lumar, khususnya di Dusun Sebol selalu kesulitan mendapatkan akses air bersih dari PDAM Tirta Sebalo Bengkayang. Padahal, sumber air yang memasok kebutuhan air di Kota Bengkayang tersebut berasal dari daerah ini. (Baca Juga : Sumber Air PDAM Bengkayang Terancam Merkuri).

Rentang waktu yang cukup lama ini sepertinya telah membuat warga dusun Sebol jenuh. Sebab, sudah seringkali diajukan perbaikan baik melalui Musrenbang maupun pengajuan langsung ke instansi pemerintah namun hingga saat ini air tak kunjung dinikmati. Sumber air bersih pun hanya bisa diperoleh dari anak Sungai Ledo yang berjarak hampir 2 Km dan Sumur galian. Tak heran, empat Ketua RT yang ada didusun tersebut, bersepakat akan mengambil tindakan agar warganya dapat menikmati air bersih jika tak kunjung diperhatikan.

“Upaya terakhir yang dapat dilakukan masyarakat ialah dengan mengambil pasokan air dari pipa utama PDAM Bengkayang yang melintasi melintasi Dusun Sebol,” kata salah seorang perwakilan, Ketua RT 001 Sebol, Kardi, Selasa (4/11) di Bengkayang. Dengan debit air yang cukup besar dari pipa induk itu, Ia yakin akan mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi 200-an KK yang ada di Dusun Sebol meskipun hanya menggunakan pipa ukuran yang lebih kecil.

Warga sejatinya siap sedia apabila harus dipungut biaya operasional yang ditentukan pihak PDAM asalkan air dapat diakses. Bahkan dengan ditentukan tarif pemakaian, hal itu malah semakin mempermudah penertiban bagi para pengguna setempat asalkan air dapat didistribusikan dengan lancar. (Baca Juga : PDAM Bengkayang Terus Berbenah)

Untuk diketahui, sumber air PDAM Bengkayang sendiri berasal dari mata air gunung (barisan Gunung Bawang) dimana tempat penampungannya terletak di Dusun Madi, Kecamatan Lumar. Adapun distribusi air sejatinya terdiri dari dua pipa utama yang mengaliri wilayah Desa Tiga Berkat dan pipa induk yang mengaliri air ke Kota Bengkayang. Saat ini air yang didistribusikan ke kota Bengkayang tetap mengalir dengan lancar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s