Tour de Kathulistiwa 2014, Bengkayang Jadi Rute


allengozalicycling.blogspot.com

allengozalicycling.blogspot.com

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang, SBM –

Ajang Balap Sepeda Tour de Khatulistiwa 2014 yang akan digelar 29 Oktober ini menjadi salah satu ajang promosi dunia kepariwisataan di Kalbar. Kehadiran peserta dari 17 Negara menjadi salah satu daya tarik pemberitaan mengenai daerah ini. Termasuk Landak, Bengkayang dan Singkawang yang akan menjadi rute dari ajang tersebut. Diantaranya, Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Timor Leste, Iran, Belanda, Selandia Baru, Amerika Serikat, Rusia, Denmar dan Kenya.

Sedangkan dari dalam negeri, seperti DKI Jakarta, Kalbar selaku tuan rumah, Yogyakarta serta beberapa tim balap sepeda nasional.

Tour de Khatulistiwa 2014 pada etape pertama akan dimulai dari

Kota Pontianak dan finis di Kota Ngabang (Kab. Landak) sekaligus beristirahat selama satu malam. Selanjutnya, pada keesokan hari, para peserta akan memulai star dari Keraton Ismahayana dan finis di Kota Bengkayang.

“Finis di Depan Mess Pemda Bengkayang,” kata Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Budparpora Bengkayang, Fabianus Oel, M.Pd, Jumat (10/10) di Bengkayang.

Sama halnya pada saat di Kota Ngabang, malamnya, para peserta juga akan beristirahat di Kota Bengkayang. Memanfaatkan momen ini, Oel mengaku pihak Pemda akan melakukan penyambutan dengan sebaik mungkin termasuk dengan mengagendakan kegiatan ramah-tamah bersama peserta maupun menampilkan seni budaya daerah ini.

“Guna mempersiapkan penyambutan para peserta, Pemda Bengkayang akan merangkul semua pihak, baik KONI, Pengkab, ISORI Bengkayang (Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia) serta seluruh elemen masyarakat,” jelas pria yang juga Sekretaris KONI Bengkayang tersebut.

Secara rinci, rute yang akan dilewati peserta Tour de Khatulistiwa 2014 ialah Kota Pontianak-Kabupaten Pontianak-Kabupaten Landak (171 Km). Landak-Kabupaten Bengkayang (103 Km). Bengkayang-Kota Singkawang (80 Km). Singkawang-Kota Pontianak (130 Km).

“Trek Gunung Van Dering jadi salah satu trek menantang diajang ini,” tandasnya.

Sumber Penunjang : antaranews.com, rakyat-kalbar.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s