Tim RAD-AMPL Bengkayang Terbentuk


Oleh : Krisantus Van Sebol

image

Yustina Ita Wurini S.TP, MM

Bengkayang – BERKAT. Penyediaan layanan dasar, termasuk air minum dan sanitasi merupakan urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah daerah. Target Standar Pelayanan Minimal (SPM) tahun 2019 sesuai dengan RPJMN adalah 100 persen untuk akses air minum dan sanitasi. Selain sebagai kebutuhan dasar manusia, pencapaian air minum dan sanitasi merupakan tolok ukur dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) selanjutnya sebagai tolok ukur kemajuan hasil penyelenggaraan otonomi daerah.

Untuk itu, guna mencapai target Water Supply and Sanitation Millenium Development Goal (MDGs) dengan menurunkan separuh dari proporsi penduduk yang belum mendapatkan akses air minum dan sanitasi dasar, Pemda Bengkayang telah membentuk Tim Rencana Aksi Daerah Penyediaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD-AMPL).

Pembentukan Tim RAD-AMPL Kabupaten Bengkayang yang dilakukan pada Rabu (4/6) ini terdiri dari instansi-instansi terkait, yakni Bappeda sebagai leading sector, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Badan Lingkungan Hidup, BPMPDPPKB, Sekretariat Daerah Bagian Hukum dan PDAM.

Menurut Kabid Sosial, Budaya dan Pemerintahan Bappeda Bengkayang, Yustina Ita Wurini S.TP, MM., Tim yang terbentuk ini secara intensif akan menyusun draft RAD-AMPL menjadi bagian integral dari RAD-MDGs yang selanjutnya menjadi dokumen kebijakan pembangunan AMPL jangka menengah daerah melalui persetujuan bersama antara kepala daerah dan DPRD kemudian disahkan dengan peraturan Bupati.

“Kita berharap agar Pemerintah Daerah berkomitmen menyediakan data yang dibutuhkan. Dan memiliki kesepakatan yang sama dalam penyusunan draft, pelaksanaan, pemantauan dan pengevaluasian RAD-AMPL,” jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s