BKD Bengkayang Usulkan 3.874 CPNS


Laporan Krisantus Van Sebol. Kontributor RRI Pontianak.

image

Aset Pemda Bengkayang

Bengkayang – Proses penerimaan CPNS yang dicanangkan pemerintah pusat pada tahun 2014 ini disikapi dengan baik oleh Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bengkayang. Sebanyak 3.874 formasi diusulkan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian PAN dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Pengajuan dilakukan secara langsung dengan sistem online,” kata Kepala BKD dan Diklat, Drs. Lorensius. Rabu (4/5) diruang kerjanya.

Sejumlah formasi yang diajukan tersebut merupakan bentuk penyesuaian atas kebutuhan PNS yang terjadi dilingkungan Pemda Bengkayang.

Berdasarkan data yang dipaparkan hingga saat ini keberadaan PNS dilingkungan Pemda Bengkayang hanya sebanyak 4.507. Sementara kebutuhan ideal adalah sebanyak 8.291.

Namun, dari 3.874 formasi yang diusulkan menggunakan sistem online itu, Lorensius tidak bisa menjamin semua akan dipenuhi Kemen PAN maupun BKN. Hanya saja, diakuinya, usulan tersebut sudah sesuai dengan Analisis Jababatan (Anjab) maupun Analisis Beban Kerja setiap struktur organisasi yang berada dilingkungan Pemda Bengkayang.

“Kebutuhan Pegawai juga sangat tergantung dari kemampuan anggaran daerah, sebab jika tidak hal itu tentu mempengaruhi proses pembangunan disektor lain,” jelas pria yang pernah menjabat sebagai Kadisdukcapil ini.

Secara rinci, keberadaan PNS di Pemda Bengkayang, Tenaga Kesehatan dibutuhkan 978 orang, 825 yang tersedia dan 153 diusulkan. Tenaga Guru dibutuhkan 4.132, yang tersedia 2.350 dan 1.627 diusulkan. Tenaga Teknis dan lainnya dibutuhkan 3.181, yang tersedia 1.087 PNS dan 2.094 diusulkan.

7 Comments

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)
    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.
    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :
    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.
    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.
    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.
    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s