Empat Titik Akan Menikmati Listrik, Baremada ?


Oleh : Krisantus Van Sebol

AKLI Bengkayang Sosialisasi di Desa Lulang

AKLI Bengkayang Sosialisasi di Desa Lulang

Bengkayang, BERKAT –
Tak lama lagi, 107 Kepala Keluarga di Desa Lulang, Kecamatan Teriak akan segera menikmati terangnya listrik di desa mereka yang berasal dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) melalui program Listrik Masuk Desa. Desa Lulang merupakan salah satu dari empat desa yang mendapatkan program pemasangan jaringan listrik diwilayah kerja PLN Area Singkawang, Rayon Bengkayang.

Adapun realisasi masuknya listrik di Desa Lulang tersebut dimulai dengan diadakannya sosialisasi kepada puluhan warga pada hari Senin (3/2) kemarin di Gedung SDN 17 Lulang yang mana dihadiri langsung oleh Kepala Desa beserta perangkatnya, Ketua DAD Kecamatan Teriak (Petrus). Kegiatan sosialisasi ini dimaksud untuk menyampaikan secara langsung program pemerintah yang akan diterima oleh warga beserta konsekuensi yang mesti diketahui oleh warga setempat. Terutama yang berkaitan dengan kesanggupan warga untuk membebaskan lahan mereka yang terkena jaringan listrik (tiang dan kabel).

Sosialisasi ini dilaksanakan oleh salah satu instalatir resmi di Kabupaten Bengkayang, yakni CV. Sinar Surya. Badan usaha yang berkantor di Jalan Masjid Jami (arah Tiga Desa), Kelurahan Bumi Emas, merupakan satu-satunya instalatir yang dipercaya pihak PLN untuk merealisasikan pembangunan jaringan listrik di empat desa yang dianggarkan. Selain merealisasikan jaringan, CV. Sinar Surya juga dipercaya untuk menyampaikan data-data Desa yang layak untuk mendapatkan anggaran tersebut.

“Selain Desa Lulang, dua Desa lainnya juga sudah dilakukan sosialisasi pembangunan jaringan listrik, yakni Desa Pak Kucing 2, Dusun Gerantung dan Desa Samalantan, Dusun Lipam 1 dan 2. Sementara itu, satu Desa lagi, yakni Desa Lamolda, Dusun Baremada baru akan diadakan sosialisasi pada Kamis (5/2).” jelas Koordinator Instalatir Kabupaten Bengkayang, Libertus Hansen, SH, Selasa (4/2) diruang kerjanya.

Khusus untuk Desa Lamolda, Desa Baremada, Kecamatan Lumar, dikatakannya merupakan Dusun yang sejak lama belum dialiri jaringan listrik negara meski jarak antara Dusun Baremada dengan Jaringan Listrik utama hanya berkisar 1,8 Km. Selama itu pula, sebagian besar penduduk hanya menggunakan penerangan dari lampu minyak dan sebagian kecil menggunakan mesin genset.

“Pembangunan jaringan di Dusun Baremada ini bisa saja dialihkan ke Desa atau tempat lain yang masih belum teraliri listrik apabila pada saat sosialisasi sebagian besar warga tidak memberikan dukungan,” tambah pria yang juga Ketua Asosiasi Kelistrikan Light Indonesia (AKLI) Bengkayang ini.

Jika masyarakat di Dusun Baremada mendukung sepenuhnya pembangunan jaringan listrik pada kegiatan sosialisasi tersebut, maka pada tahun ini juga (2014) jaringan akan direalisasikan. Setidaknya pada bulan Maret ini infrastruktur sudah bisa disediakan di empat desa yang dianggarkan.

1 Comment

  1. gimana keadaan ds.lipam 1…
    saya swaktu kecil pernah hidup dsana
    dan mama mninggal dsana
    apa sudah bagus jalan nya
    apa sudah msuk listrik ?
    krena dlm waktu dkat saya ingin mngunjungi nya
    trimakasih kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s