Mubes, Leonardus Pimpin IMKB 2013 – 2015


image

Ketua IMKB 2013 - 2015, Leonardus

Oleh : Krisantus Van Sebol

Bengkayang, BERKAT. Setelah melalui pertarungan sengit akhirnya, Leonardus, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Untan berhasil dipercaya memimpin organisasi mahasiswa asal Bengkayang, yakni Ikatan Mahasiswa Kabupaten Bengkayang (IMKB) periode 2013-2015.

Kepercayaan yang diberikan mahasiswa asal Bengkayang di Pontianak itu terjadi saat diselenggarakannya Musyawarah Besar (Mubes) IMKB, Minggu, 1 Nopember 2013 di Gedung PSE Pontianak. Kepercayaan yang diberikan bagi Mahasiswa asal Dusun Sebol, Desa Tiga Berkat tersebut bukan secara aklamasi, melainkan
melalui perebutan dukungan dengan satu kandidat lainnya, yakni Winda Novasari. Saking alotnya, proses pemungutan suara harus dilakukan sebanyak dua kali karena pada proses pertama, keduanya memperoleh jumlah dukungan yang sama banyak, 39-39.

“Karena keduanya memperoleh jumlah dukungan yang sama, akhirnya dilakukan pemilihan ulang,” sebut Fredy, Mahasiswa Fakultas Teknik Untan yang turut hadir dalam penyelenggaraan Mubes.

Namun, pada saat pemilihan kedua, sebanyak 24 Mahasiswa yang sebelumnya menggunakan ikut memilih, tidak menggunakan haknya lagi disebabkan mereka terlebih dahulu pulang dan tidak kembali. Meski jumlah mahasiswa berkurang, ternyata dukungan yang diberikan hampir sama seperti pemilihan pertama. Hanya saja, kali ini keberuntungan masih berpihak kepada Leonardus.

“Dia hanya menang tipis, selisih 2 suara dari kandidat lain,” jelas Fredy. Adapun perolehan suara antara kedua kandidat ialah 28 Ledonardus berbanding 26 bagi Winda Novasari, Mahasiswi Hukum Untan Semester Lima.

Terpisah, Leonardus yang dihubungi melalui telepon seluler mengaku sangat berterimaksih atas dukungan yang telah diberikan oleh Mahasiswa Bengkayang untuk mempercayakan dirinya memimpin IMKB periode 2013-2015. Ia juga sangat mengapresiasikan kinerja panitia yang telah menciptakan kondisi yang kondusif selama penyelenggaraan Mubes.

“Secara khusus juga Saya sebagai Ketua IMKB terpilih dan seluruh Mahasiswa Bengkayang di Pontianak berterimakasih atas dukungan yang diberikan berbagai pihak yang peduli terhadap mahasiswa termasuk didalamnya kepada Pemda Bengkayang,” ungkapnya.

Setelah terpilih, dalam jangka dekat ini, Leonardus menjelaskan program kerja yang akan dilakukan dirinya ialah membentuk susunan kepengurusan yang baru dan bisa bekerjasama mengembangkan IMKB.

“Sementara untuk program lainnya, berkaitan dengan Kemahasiswaan dan Hubungan Kelembagaan dengan Pemda Bengkayang dan Masyarakat akan dikoordinasikan bersama kepengurusan yang terbentuk,” jelasnya.

Sedangkan, melalui pesan singkat (sms), Ketua IMKB Periode 2011-2013, Matias, menyampaikan rasa terimakasih yang besar atas dukungan, baik moril maupun materil yang diberikan semua Mahasiswa dan pihak lainnya termasuk Pemda Bengkayang selama dirinya menjabat sebagai Ketua IMKB.

“Kami sadar, tanpa dukungan dari semua pihak program IMKB yang telah dibuat tidak akan berjalan dengan baik,” katanya.

Ia pun berharap agar dengan terjadinya pergantian kepemimpinan, kedepan IMKB akan menjadi organisasi kemahasiswaan yang lebih berkembang dan mampu mengayomi mahasiswa asal Bengkayang di Pontianak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s