KPU Bengkayang Pleno DPT Perbaikan NIK


Oleh : Krisantus Van Sebol

Bengkayang, BERKAT. Setelah bekerja keras selama satu bulan ini, akhirnya proses perbaikan data pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Bengkayang terkait Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK) diplenokan oleh KPU Bengkayang.

Kegiatan yang diselenggarakan di Cafe Crown Pujasera itu dihadiri oleh PPK seluruh Kecamatan yang ada di Bengkayang, Panwaslu, Bupati serta perwakilan Partai Politik peserta Pemilu.

“Dari hasil perbaikan yang telah dilakukan, saat ini Data Pemilih dalam DPT yang sebelumnya invalid sudah berkurang cukup signifikan,” kata Ketua Pokja Sidalih, Yohanes, SH, Jumat (29/11).

Dijelaskannya, jika pada saat penetapan DPT sebelumnya terdapat 13.416 Pemilih yang dikategorikan memiliki data invalid, pada saat Pleno sudah berkurang sebanyak 9.894. Itu artinya, masih tersisa 3.522 data invalid.

Berdasarkan pleno perbaikan DPT itu juga terdapat sedikit perubahan jumlah pemilih. Yakni dari 163.083 menjadi 162.512. Berkurangnya jumlah tersebut disebabkan oleh beberapa hal, seperti dtemukannya pemilih ganda, pemilih meninggal, kurang waras.

Sementara itu, mengenai masyarakat yang belum terdata dalam DPT, Yohanes berharap agar masyarakat bersangkutan dapat melaporkan diri kepada penyelenggara Pemilu didaerahnya. Data yang masuk ini menurutnya akan diproses sehingga mereka bisa menggunakan hak pilih.

“Kita juga berharap agar peran pengurus Parpol, Panwaslu dan masyarakat yang peduli terhadap proses demokrasi ini dapat membantu masyarakat yang belum terdata dengan melaporkan kepada penyelenggara Pemilu,” tandas Bapak yang sebelumnya mengabdikan diri dibidang pemberdayaan masyarakat.

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s