Program Pamsimas II, Bengkayang Dapat Jatah Lima Desa


Oleh : Krisantus Van Sebol

Bengkayang, BERKAT. Pemerintah Indonesia mempunyai komitmen sangat kuat untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs), yaitu menurunnya jumlah penduduk yang belum mempunyai akses air minum dan sanitasi dasar sebesar 50 % pada tahun 2015. Program Nasional Penyediaan Air dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) merupakan salah satu upaya tersebut. Program ini ialah suatu program penyediaan air minum, sanitasi, dan kesehatan akan efektif dan berkelanjutan bila berbasis pada masyarakat melalui pelibatan seluruh masyarakat (perempuan, laki-laki, kaya dan miskin) dan dilakukan melalui pendekatan yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat (demand responsive approach).

Sebagai salah satu daerah yang sedang berkembang, Kabupaten Bengkayang tidak luput dari permasalahan penyediaan air dan sanitasi yang baik. Masih ditemukannya masyarakat yang Buang Air Besar Sembarang (BABS), tingginya penderita diare, sulitnya masyarakat mengakses air bersih merupakan beberapa yang menjadi indikator daerah ini perlu penanganan. Apalagi dalam RPJMD Kabupaten Bengkayang dibidang penyehatan lingkungan 2012 yang lalu masih ada rencana kerja yang tidak mencapai target seperti Persentase Penduduk yang memiliki akses terhadap air minum berkualitas sebesar 64 % (sementara tercapai target 46 %), Persentase penduduk yang menggunakan jamban sehat tahun 2012 memiliki target 71 % namun baru tercapai 54 %.

“Ini artinya secara garis besar masyarakat Kabupaten Bengkayang belum memilki akses sanitasi dasar yang layak,” jelas Menurut salah seorang Anggota Panitia Kemitraan (Pakem) Pamsimas Bengkayang, Fransiskus Gogol, Senin (25/11).

Oleh karenanya, Ia mengatakan melalui program Pamsimas diharapkan tercapai beberapa hal yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, diantaranya yakni 1. Meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat Bengkayang terutama peribahan perilaku Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). 2. Meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan; 3. Meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembagaan lokal (pemerintah daerah maupun masyarakat) dalam penyelenggaraan layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat; 4. Meningkatkan efektifitas dan kesinambungan jangka panjang pembangunan sarana dan prasarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

Sementara itu, sebagai salah satu daerah dari 124 Kabupaten/Kota yang menerapkan program Pamsimas II, Anggota Pakem lainnya, Antonius Yewin menyebutkan apabila tahun ini Bengkayang mendapat bantuan program bagi empat desa yang berasal dari dana APBD dan satu desa dari dana APBD. Untuk mendapatkan bantuan dari program tersebut, setiap desa terlebih dahulu harus mengajukan sebuah proposal kelayakan kemudian diajukan kepada Panitia Kemitraan Pamsimas Kabupaten Bengkayang. Proposal yang diterima, selanjutnya akan diseleksi apakah layak atau tidak mendapatkan bantuan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Adapun desa yang berpotensi mendapatkan bantuan program Pamsimas, memiliki beberapa kriteria, yakni memiliki sumber air bersih yang cukup potensial dan tidak terlalu jauh dari pemukiman, kesediaan masyarakat untuk menyiapkan sharing dana berupa in cash dan in kind, serta bersedia untuk tidak membuang air besar sembarangan atau stop BAB sembarangan.

“Selain itu, masyarakat juga harus bersedia berkomitmen untuk merawat fasilitas yang disediakan,” tegasnya.

Agar program ini benar berhasil nyata dukungan dari pemerintah daerah juga sangat di perlukan yakni SKPD yang berhubungan langsung sebagai pelaksana program ini, selain dukungan di luar pemerintah juga perlu di harapkan misalnya LSM, PKK dan yang lebih penting adalah dukungan masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s