Abaikan Keselamatan Pengguna Jalan


image

Oleh : Krisantus Van Sebol

Bengkayang – Hanya karena ingin mendapatkan keuntungan besar, Kontraktor akhirnya mengabaikan keselamatan pengguna jalan.

Ini terjadi pada pengerjaan ruas jalan Sanggau Ledo menuju Kantor Bupati, tepatnya di depan gerbang pemakaman Bhakti Suci (Bong Ja). Dimana, akibat penggalian diruas jalan yang tidak disertai rambu-rambu peringatan tiga warga asal Kecamatan Lumar pengendara sepeda motor menjadi korban. Dua diantaranya luka ringan dan seorang mengalami luka yang cukup parah.

Kecelakaan tersebut terjadi pada Sabtu malam, 10 Oktober, sekitar pukul 20.00 WIB.

Dua korban yang mengalami luka ringan hanya menjalani perawatan biasa. Sedangkan korban yang terluka parah, yakni Apolonius hingga saat ini masih menjalani perawatan di RS. Santo Antonius Pontianak.

Saat dikunjungi, kondisi Apolonius cukup memprihatinkan. Sekujur tubuhnya tidak bisa bergerak banyak. Kepalanya terbalut perban. Empat hari yang lalu Ia menjalani operasi akibat tulang rahangnya terpatah. Menyedihkan lagi, belum sepatah katapun mampu dikeluarkannya semenjak kejadian.

Tuti, istri yang setia mendampinginya, hanya bisa memasrahkan diri dan berdoa agar suaminya itu segera sembuh.
Ketika ditanya mengenai kepedulian dari Kontraktor yang menggerjakan jalan, Ia sendiri tidak tahu harus berbuat bagaimana.

“Kati ani (Tidak Ada),” jawabnya dengan bahasa Dayak Bakatik saat ditanya apakah ada tanggungjawab yang diberikan oleh si kontraktor, Jumat (16/11). Padahal biaya pengobatan yang dibutuhkan cukup besar.

“Ngarame Jah nabus obat sadi sampe nga dua juta, bahat tapi ngana kanalah. (sore tadi tebus/bayar obat saja dua juta, berat tapi mau bagaimana?),” ungkap Tuti.

Ia pun berharap agar pihak yang peduli dengan kondisi yang dialami suaminya. Aparat kepolisian, Dinas Perhubungan dan kontraktor itu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s