Jembatan di Lumar Butuh Perbaikan


Oleh : Krisantus Van Sebol

Bengkayang, BERKAT (-) Menjadi jalur utama ribuan warga mnuju jalan utama, kondisi jembatan di Dusun Lumar, oleh warga disebut Jembatan Pakung sepertinya sudah sangat layak mendapat perhatian untuk segera diperbaiki.

Dengan panjang jembatan kurang lebih 25 Meter, Lebar 4 Meter, saat ini kondisi Jembatan Pakung Lumar terlihat sangat membahayakan untuk dilalui kendaraan. Dimana sebagian badan jembatan yang notabenenya terbuat dari bahan kayu (papan dan balok) sudah ada yang patah, pagar penyangga tidak ada, kemiringan jembatan kentara.

Jembatan ini begitu penting bagi menunjang aktivitas masyarakat yang berada di Dusun Lumar, Madi, Jelatok, Molo, Selayu karena merupakan infrastruktur utama yang menghubungkan mereka dengan kota Kecamatan maupun Ibukota Bengkayang. Selain itu, jalan yang dihubungi dengan jembatan ini juga merupakan jalur terdekat bagi warga Bengkayang menjangkau Kabupaten Sambas, Kecamatan Tebas.

“Jembatan (Pakung) kondisinya sudah sangat tidak layak lagi dilalui dan membahayakan warga,” ungkap Plt. kades Tiga Berkat, Untung di Lumar baru-baru ini.

Banyaknya warga yang memanfaat jembatan ini untuk beraktivitas menjadi faktor utama agar segera diperbaiki oleh pihak terkait dan dibangun secara permanen menggunakan bahan maupun peralatan yang layak. Dikatakannya, kepedulian warga maupun pihak lain (swasta) dalam memperbaiki kondisi jembatan yang rusak sebenarnya kerap dilakukan (swadaya). Hanya saja, hal itu tidaklah benar-benar mampu bertahan lama. Bahkan pernah salah satu perusahaan besar di Singkawang memberikan bantuan untuk perbaikan jembatan. Meski tidak seberapa, namun hasil bantuan tersebut mampu mempertahankan kondisi jembatan untuk seberapa saat lamanya.

Sebaliknya, masyarakat kini lebih banyak melalui jalur alternatif lainnya, yakni Jembatan Gantung. Itupun hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Melalui jembatan tersebut juga harus ekstra hati-hati karena sudah mulai rusak.

“Jembatan gantung itu merupakan hasil dari program PNPM yang diterima warga Tiga Berkat,” sebut Untung.

Perlu diketahui, selain pengajuan pengadaan air bersih bagi warga di Dusun Sebol, Perbaikan jembatan Pakung merupakan ajuan prioritas warga desa dalam setiap Musrenbang Kecamatan beberapa tahun terakhir ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s